KEPRAKTISAN DAN KEEFEKTIFAN LKS BERCIRIKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI MATRIKS

Authors

  • Arini Hidayati Universitas Nurul Jadid
  • Wildatun Nofiah Universitas Nurul Jadid
  • Setiawati Setiawati Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1711

Keywords:

Praktis, Efektif, LKS, Pendekatan Saintifk, Matriks

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menilai kepraktisan dan keefektifan LKS bercirikan pendekatan saintifik pada materi matriks yang sebelumnya telah dikembangkan oleh peneliti. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI Agama 2, MA Negeri 1 Probolinggo. Penelitian dilakukan dengan mengujicobakan LKS yang telah dikembangkan di kelas uji coba dengan jumlah subjek uji coba sebanyak 13 siswa, untuk menilai kepraktisan dan keefektifan LKS. Untuk nilai kepraktisan diperoleh dari hasil observasi dua orang observer, sedangkan untuk nilai keefektifan diperoleh dari nilai uji kompetensi dan angket respon siswa. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS dinyatakan sangat baik dengan persentase 90,5%, yang artinya LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan. Untuk keefektifan LKS dilihat dari hasil belajar siswa. Sebanyak 85% siswa dinyatakan tuntas dan mereka memberikan respon positif terhadap LKS, dengan rata-rata skor keseluruhan hasil respon siswa yaitu 3,34 yang artinya respon siswa masuk dalam ketegori tinggi.

Author Biographies

Arini Hidayati, Universitas Nurul Jadid

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Nurul Jadid

Wildatun Nofiah, Universitas Nurul Jadid

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Nurul Jadid

Setiawati Setiawati, Universitas Nurul Jadid

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Nurul Jadid

References

Fauziah, K., Parta, I. N., & Rahardjo, S. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Perkalian Matriks Bercirikan Penemuan Terbimbing untuk Siswa SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1721-1729.

Fita, M. N., & Sudibyo, E. (2018). Keefektifan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berorientasi Keterampilan Proses Sains pada Materi Tekanan Kelas VIII SMP. e-journal-pensa, 6(2), 185-190.

Hidayah, A. L., Isnawati, & Ambarwati, R. (2015). Profil Validitas, Kepraktisan, dan Keefektifan LKS dengan Memanfaatkan Cangkang Bivalvia untuk Melatihkan Keterampilan Proses pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(3), 943-948.

Hidayati, A., Susanto, H., & As’ari, A.R. (2016). Kajian tentang Kualitas LKS yang Bercirikan Pendekatan Saintifik. Prosiding dalam Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya, FMIPA UM, Malang, 13 Agustus.

Lase, N. K. & Lase, R. K. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Kelas VII SMP. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 3(2), 450-461.

Lee, C. D. (2014). Worksheet Usage, Reading Achievement, Classes' Lack of Readiness, and Science Achievement: A Cross-Country Comparison. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 2(2), 96-106.

Magdalena, M., Zagoto, & Dakhi, O. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.

Pahrudin, A., & Pratiwi, D. D. (2019). Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Kurikulum 2013 dan Dampaknya terhadap Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran pada MAN di Provinsi Lampung. Natar Lampung: Pustaka Ali Imron.

Plomp, T. & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research Part A: An Introduction. Enschede: SLO.

Purwati, Y., Buyung, & Relawati. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Matriks Siswa Kelas XI MIA SMAN 6 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah DIKDAYA, 8(1), 213-221.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Posdakarya.

Susilana, R. & Ihsan, H. (2014). Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Kurikulum 2013 Berdasarkan Kajian Teori Psikologi Belajar. Jurnal Edutech, 1(2), 183-195.

Windrianto, Rusdi, & Maizora, S. (2017). Efektivitas Lembar Kerja Siswa dengan Model Problem Based Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 137-142.

Downloads

Published

2021-06-01

How to Cite

Hidayati, A., Nofiah, W., & Setiawati, S. (2021). KEPRAKTISAN DAN KEEFEKTIFAN LKS BERCIRIKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI MATRIKS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1711