KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO

Authors

  • Shofia Hidayah Universitas Nurul Jadid
  • Wahyu Agung Mustikaning Romadhon Universitas Nurul Jadid
  • Dewi Firda Yuniar Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1688

Keywords:

Matematika, Soal Cerita, Taksonomi SOLO.

Abstract

Banyak siswa SMP berfikir bahwa soal cerita matematika sulit untuk diselesaikan. Oleh karena itu, analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika perlu dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Taksonomi SOLO. Penelitian ini menggunakan metode tes dan wawancara. Ada 3 subjek pada penelitian ini yaitu siswa dengan kemampuan kognitif tinggi, sedang, dan rendah. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan kognitif tinggi termasuk ke dalam level relational, siswa ini mampu memahami soal, mampu menyusun rencana penyelesaian, dan menghubungkan informasi-informasi pada soal, sehingga jawaban yang diperolehnya benar. Siswa dengan kemampuan kognitif sedang termasuk ke dalam level multi-structural, siswa ini mampu memahami soal, mampu menyusun rencana penyelesaian, tetapi siswa ini tidak dapat menghubungkan informasi-informasi pada soal, sehingga jawaban yang diperolehnya salah. Siswa dengan kemampuan kognitif rendah termasuk ke dalam level uni-structural, siswa ini mencoba menyelesaikan soal dengan pemahaman terbatas, saat menyelesaikan soal siswa ini hanya menggunakan sebagian informasi yang ada pada soal sehingga jawaban yang diperolehnya salah.

Author Biographies

Shofia Hidayah, Universitas Nurul Jadid

Pendidikan Matematika, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Nurul Jadid

Wahyu Agung Mustikaning Romadhon, Universitas Nurul Jadid

Pendidikan Matematika, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Nurul Jadid

Dewi Firda Yuniar, Universitas Nurul Jadid

Pendidikan Matematika, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Nurul Jadid

References

Barwell, R. (2011). Word Problems Connecting Language, Mathematics, and Life. Diunduh dari:http://www.edu.gov.on.ca/eng/literacynumeracy/inspire/research/WW_Word_Problems.pdf pada tanggal 2 Mei 2021

Bate’e, I.N., & Zebua, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Hiliduho Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 374-385.

Biggs, J.B., & Collis, K.F. (1982). Evaluating the Quality of Learning: The SOLO Taxonomy (Structure of the Observed Learning Outcome). New York: Academic Press

Biggs, J., & Tang, C. (2011). Teaching for Quality Learning at University. Fourth Edition. The Society for Research into Higher Education. Berkshire: McGraw Hill and Open University Press

Bush, S.B., & Karp, K.S. (2013). Prerequisite algebra skills and assosiated misconception of middle grade students: A review. Journal of mathematical Behaviour, 32(3), 613-632

Istiqomah, M.N., & Prabawanto, S. (2019). The Difficulties of Fifth Grade Students in Solving Mathematic Fraction Word Problem. Al-Asasiyya: Journal Basic of Education, 3(2), 152-160

Jan, S. & Rodrigues, S. (2012). Students’ Difficulties in Comprehending Mathematical Word Problems in English Languange Learning Context. International Reseacher, 1(3), 152-159

Jupri, A. & Drijvers, P. (2016). Students Difficulties in Mathematizing Word Problems in Algebra. Eurasia Journal of Mathematics, Science, & Technology Education, 12(9), 2481-2502

Kusmaryono, I., Suyitno, H., Dwijanto, & Dwiyanti, N. (2018). Analysis of Abstract Reasoning from Grade 8 Students in Matehmatical Problem Solving with SOLO Taxonomy Guide. Journal of Mathematics Education, 7(2), 69-82

Lim, H.L., Wun, T.Y., & Idris, N. (2009). Kebolehan Penyelesaian Persamaan Linear: Satu Kerangka dalam Penaksiran Bilik Darjah. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 6, 79-101

Mendrofa, R.N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPS PEMBDA 2 Gunungsitoli. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 139-146.

Mulbar, U., Rahman, A., & Ahmar, A.S. (2017). Analysis of Ability in Mathematical Problem-Solving Based on SOLO Taxonomy and Cognitive Style. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(1), 68-73

Ozdemir, A.S., & Yildiz, S.G. (2015). The Analysis of Elementary Mathematics Preservice Teachers’ Spatial Orientation Skills with SOLO Model. Eurasian Journal of Educational Research, 61, 217-236.

Puspitasari, N., & Setyaningsih, N. (2016). Kesalahan Siswa SMP Menyelesaikan Soal Aljabar Ditinjau dari Taksonomi SOLO di SMP Negeri 1 Sambi. Prosiding Sempoa: Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 Universitas Muhammadiyah Surakarta

Downloads

Published

2021-05-21

How to Cite

Hidayah, S., Romadhon, W. A. M., & Yuniar, D. F. (2021). KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 40–44. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1688