KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1688Keywords:
Matematika, Soal Cerita, Taksonomi SOLO.Abstract
Banyak siswa SMP berfikir bahwa soal cerita matematika sulit untuk diselesaikan. Oleh karena itu, analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika perlu dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Taksonomi SOLO. Penelitian ini menggunakan metode tes dan wawancara. Ada 3 subjek pada penelitian ini yaitu siswa dengan kemampuan kognitif tinggi, sedang, dan rendah. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan kognitif tinggi termasuk ke dalam level relational, siswa ini mampu memahami soal, mampu menyusun rencana penyelesaian, dan menghubungkan informasi-informasi pada soal, sehingga jawaban yang diperolehnya benar. Siswa dengan kemampuan kognitif sedang termasuk ke dalam level multi-structural, siswa ini mampu memahami soal, mampu menyusun rencana penyelesaian, tetapi siswa ini tidak dapat menghubungkan informasi-informasi pada soal, sehingga jawaban yang diperolehnya salah. Siswa dengan kemampuan kognitif rendah termasuk ke dalam level uni-structural, siswa ini mencoba menyelesaikan soal dengan pemahaman terbatas, saat menyelesaikan soal siswa ini hanya menggunakan sebagian informasi yang ada pada soal sehingga jawaban yang diperolehnya salah.References
Barwell, R. (2011). Word Problems Connecting Language, Mathematics, and Life. Diunduh dari:http://www.edu.gov.on.ca/eng/literacynumeracy/inspire/research/WW_Word_Problems.pdf pada tanggal 2 Mei 2021
Bate’e, I.N., & Zebua, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Hiliduho Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 374-385.
Biggs, J.B., & Collis, K.F. (1982). Evaluating the Quality of Learning: The SOLO Taxonomy (Structure of the Observed Learning Outcome). New York: Academic Press
Biggs, J., & Tang, C. (2011). Teaching for Quality Learning at University. Fourth Edition. The Society for Research into Higher Education. Berkshire: McGraw Hill and Open University Press
Bush, S.B., & Karp, K.S. (2013). Prerequisite algebra skills and assosiated misconception of middle grade students: A review. Journal of mathematical Behaviour, 32(3), 613-632
Istiqomah, M.N., & Prabawanto, S. (2019). The Difficulties of Fifth Grade Students in Solving Mathematic Fraction Word Problem. Al-Asasiyya: Journal Basic of Education, 3(2), 152-160
Jan, S. & Rodrigues, S. (2012). Students’ Difficulties in Comprehending Mathematical Word Problems in English Languange Learning Context. International Reseacher, 1(3), 152-159
Jupri, A. & Drijvers, P. (2016). Students Difficulties in Mathematizing Word Problems in Algebra. Eurasia Journal of Mathematics, Science, & Technology Education, 12(9), 2481-2502
Kusmaryono, I., Suyitno, H., Dwijanto, & Dwiyanti, N. (2018). Analysis of Abstract Reasoning from Grade 8 Students in Matehmatical Problem Solving with SOLO Taxonomy Guide. Journal of Mathematics Education, 7(2), 69-82
Lim, H.L., Wun, T.Y., & Idris, N. (2009). Kebolehan Penyelesaian Persamaan Linear: Satu Kerangka dalam Penaksiran Bilik Darjah. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 6, 79-101
Mendrofa, R.N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPS PEMBDA 2 Gunungsitoli. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 139-146.
Mulbar, U., Rahman, A., & Ahmar, A.S. (2017). Analysis of Ability in Mathematical Problem-Solving Based on SOLO Taxonomy and Cognitive Style. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(1), 68-73
Ozdemir, A.S., & Yildiz, S.G. (2015). The Analysis of Elementary Mathematics Preservice Teachers’ Spatial Orientation Skills with SOLO Model. Eurasian Journal of Educational Research, 61, 217-236.
Puspitasari, N., & Setyaningsih, N. (2016). Kesalahan Siswa SMP Menyelesaikan Soal Aljabar Ditinjau dari Taksonomi SOLO di SMP Negeri 1 Sambi. Prosiding Sempoa: Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 Universitas Muhammadiyah Surakarta