KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI BERDASARKAN TAHAPAN POLYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i1.12231Keywords:
Analisis, Kemampuan, Soal Cerita, PolyaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan senilai dan berbalik nilai berdasarkan tahapan Polya. Tahapan tersebut terdiri atas 4 tahapan yaitu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali solusi yang diperoleh. Penelitian ini menggunakan metode tes dan wawancara. Terdapat tiga subjek dalam penelitian ini yaitu siswa dengan kemampuan kognitif tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahap memahami soal dapat dilalui oleh siswa dengan kemampuan kognitif tinggi, sedang, dan rendah. Tahap menyusun rencana dapat dilalui oleh siswa dengan kemampuan kognitif tinggi dan sedang, siswa dengan kemampuan kognitif rendah belum mampu membuat model matematika yang tepat dari soal yang diberikan. Tahap melaksanakan rencana dapat dilalui oleh siswa dengan kemampuan kognitif tinggi, siswa dengan kemampuan kognitif sedang dan rendah belum mampu menyelesaikan soal yang diberikan dengan perhitungan yang tepat. Tahap memeriksa kembali solusi yang diperoleh tidak dapat dilalui oleh ketiga siswa. Jawaban akhir yang diperoleh ketiga siswa pada tahap memeriksa kembali solusi yang diperoleh tidak sesuai dengan data awal (informasi) yang diberikan pada soal.References
Angateeah, K.S. 2017. An Investigation of Students’Difficulties in Solving Non-Routine Word Problem at Lower Secondary. International Journal of Learning and Teaching. Vol.3(1): 46-50.
Arifin, Z. 2019. Perbandingan Prosedur Polya dan Newman pada Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). Vol.3(2): 149-156
Hidayah, S. 2016. Analisis Kesalahan Siswadalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang. Vol 1: 182-190
Lamon, S. J. 1993. Ratio adn Proportion: Conncting Content and Children’s Thiking. Journal for Research in Mathematics Education. Vol 24(1): 41-61
Larasati, Y. & Mampouw, H.L. 2018. Pemberian Scaffolding untuk Menyelesaikan Soal Cerita Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai. MATH DIDACTIC: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. Vol. 4(1): 47-56
Nuraini, N.L.S., Cholifah, P.S., & Laksono, W.C. 2018. Mathematics Errors in Elementary School: A Meta-Synthesis Study. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR). Vol.244: 148-151
Oktaviana, D. 2017. Analisis Tipe Kesalahan berdasarkan teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Edusains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika. Vol 5(2): 22-32
Polya, G. 1973. How to Solve it (New of Mathematical Method). Second Edition. New Jersey: Prince University Press.
Santoso, D.A., Farid, & Ulum, B. 2017. Error Analysis of Students Working about Word Problem of Linear Problem with NEA Procedure. International Conference on Mathematics: Education, Theory, and Application. Series 855
Saputri, R.A. 2019. Analisis Pemecahan Masalah Soal Cerita Materi Perbandingan Ditinjau dari Aspek Merencanakan Polya. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan. Vol 3(1): 21-38
Skemp, R.R. 1971. The Psychology of Learning Mathematics. Victoria: Penguinbooks Australia.
Tambychik, T. & Meerah, T.S.M. 2010. Students’ Difficulties in Mathematics Problem-Solving: What do They Say?. Procedia Social & Behavioral Sciences. Vol. 8: 142-151
Tong, D.H. & Loc, N.P. 2017. Students’ Errors in Solving Mathematical Word Problem and Their Ability in Identifying Errors in Wrong Solutions. European Journal of Education Studies. Vol.3 (6): 226-241
Verschaffel, L., Greer, B., & Corte, E.D. 2000. Making Sense of Word Problem. Netherland: Swets and Zeitlinger
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Shofia Hidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.