Pengaruh Kehadiran Siswa Terhadap Hasil belajar Matematika Kelas VIII MTsN 11 Agam Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Melliani Melliani Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Tasnim Rahmat Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9786

Abstract

Penelitian ini dilatarbelangkangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di kelas VIII MTsN 11 Agam Tahun Pelajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil Ujian Tengah Semester ditemukan bahwa ada permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 11 Agam Tahun Pelajaran 2021/2022. Dan hasil absensi presentase ketidakhadiran siswa mengalami naik turun sehingga proses belajar tidak berjalan dengan baik. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTsN 11 Agam Tahun Pelajaran 2021/2022. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Dalam penelitian ini untuk melakukan uji normalitas dan linearitas setelah itu dilakukan pengujian hipotesis. Berdasarkan penelitian data berdistribusi normal dan homogen. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa ??i???g > ??????. Hal ini berarti bahwa keputusan ujinya HO ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kehadiran siswa terhadap hasil belajar matematika kelas VIII MTsN 11 agam tahun pelajaran 2021/2022.

Downloads

Published

2022-12-06

How to Cite

Melliani, M., & Rahmat, T. . (2022). Pengaruh Kehadiran Siswa Terhadap Hasil belajar Matematika Kelas VIII MTsN 11 Agam Tahun Pelajaran 2021/2022 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8975–8979. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9786

Most read articles by the same author(s)