Pengaruh Locus of Control terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VIII MTsN 6 Agam

Authors

  • Rizka Adinda Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi
  • Tasnim Rahmat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8687

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih banyak yang rendah, diduga hasil belajar matematika siswa dipengaruhi oleh locus of control. Hal ini dapat dilihat dari keyakinan pada diri siswa masih rendah, seperti pada saat guru memberikan tugas, banyak hal yang dilakukan siswa seperti mencari jawaban sendiri, ada yang mudah menyerah, ada yang hanya menunggu jawaban dari teman, dan ada yang mencari jawaban di internet tanpa mempelajarinya terlebih dahulu. serta beberapa siswa memiliki locus of control tinggi sedangkan hasil belajar rendah, dan locus of control rendah dan hasil belajar tinggi. Jenis penelitian ini adalah korelasi dengan sifat penelitian Ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 6 AGAM yang terdiri dari 8 kelas yang berjumlah 277 orang siswa. Dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan sampel 20%, jadi jumlah sampel penelitian berjumlah 55 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket untuk mengetahui locus of control, sedangkan hasil belajar diperoleh dari nilai ulangan harian siswa kelas VIII MTsN 6 AGAM. Hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi antara locus of control terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 6 AGAM Y = 0,943X - 25,5536, nilai koefisien korelasi sebesar rxy = 0,589 dan nilai koefisien determinasi sebesar KD = 34,692%. Dari pengujian hipotesis, untuk pengaruh signifikan locus of control terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 6 AGAM diperoleh thitung = 6,5658 dan ttabel = 1,67 jadi thitung > ttabel, maka hipotesis penelitian diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan locus of control terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 6 AGAM.

Downloads

Published

2022-11-11

How to Cite

Adinda, R. ., & Rahmat, T. . (2022). Pengaruh Locus of Control terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VIII MTsN 6 Agam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3051–3057. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8687

Most read articles by the same author(s)