Manajemen Program Adiwiyata di SMP N 3 Lasem

Authors

  • Ngadiyono Ngadiyono SMP Negeri 3 Pamotan,Rembang, Jawa Tengah
  • Ghufron Abdullah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9631

Abstract

Program adiwiyata di SMP N 3 Lasem merupakan salah satu contoh program adiwiyata berkelanjutan yang dilaksanakan secara komprehensif didasari dengan implementasi kebijakan dalam mendukung adiwiyata. Metode penelitian kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan konsep triangulasi data yang menghubungkan tiga komponen utama dalam melihat skema manajemen adiwiyata yang diterapkan di SMP N 3 Lasem. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  kualitatif  yaitu penelitian yang dilakukan langsung ke lokasi penelitian dalam bentuk studi kasus (case study) di SMP Negeri 3 Lasem Kabupaten Rembang. Adapun studi kasus yang dikaji terkait dengan manajemen pemberdayaan sekolah di samping itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi dan pemikiran orang secara individu ataupun kelompok yang ada di lingkup dan sekitar sekolah. Hasil Penelitian yang didapatkan segenap stakeholeders di SMP N 3 Lasem secara masih menjalankan program adiwiyata ini secara optimal. Setiap unsur kelembagaan yang ada di sekolah bersinergi secara baik dalam mengimplementasikan kebijakan yang dibuat oleh pimpinan sekolah dalam akselerasi program adiwiyata. Melalui sistem kinerja yang terintegrasi dengan baik SMP N 3 Lasem menjadi salah satu sekolah rujukan dalam menjalankan program adiwiyata. Manajemen berkelanjutan menjadi komponen utama dalam mensukseskan program adiwiyata.

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Ngadiyono, N., & Abdullah, G. . (2022). Manajemen Program Adiwiyata di SMP N 3 Lasem . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8024–8032. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9631