Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kewirausahaan di Smp Negeri 1 Pamotan Kabupaten Rembang

Authors

  • Surami Surami SMP Negeri 2 Kaliori, Rembang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Ghufron Abdullah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9630

Abstract

Kepala sekolah memiliki peran penting dalam mengembangkan kewirausahaan. Kepala sekolah harus mampu menyusun strategi kewirausahaan yang menarik, agar siswa dapat termotivasi dalam hal kewirausahaan. Fokus dalam       penelitian ini adalah: 1) Idealized influence kepala sekolah untuk mengembangkan kewirausahaan di SMP Negeri 1 Pamotan Kabupaten Rembang, 2) Inspirational motivation kepala sekolah untuk mengembangkan kewirausahaan di SMP Negeri 1 Pamotan Kabupaten Rembang, 3) Intellectual stimulation kepala sekolah untuk mengembangkan kewirausahaan di SMP Negeri 1 Pamotan Kabupaten Rembang, 4) Individual concideration kepala sekolah untuk mengembangkan kewirausahaan di SMP Negeri 1 Pamotan Kabupaten Rembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu metode yang diarahkan untuk menggambarkan atau memaparkan apa adanya hasil penelitian. Teknik penggalian data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan teknik kredibilitas, konfirmasi dan triangulasi. Hasil penelitian kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam mengembangkan kewirausahaan di SMP Negeri 1 Pamotan 1) idealized influence diimplementasikan dalam tindakan dan sikap kepemimpinannya seperti mempunyai visi yang jelas, melibatkan warga sekolah, dan mampu menunjukkan ide-ide penting, 2) inspirational motivation diimplementasikan dalam bentuk mewujudkan suasana kerja yang kondusif, mengembangkan kerja sama tim, serta memotivasi warga sekolah, 3) intellectual stimulation dengan mendorong guru dan semua warga sekolah mengembangkan budaya kerja yang positif, memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan, dan memecahkan masalah, 4) indiviual concideration diimplementasikan dengan tanggap dan peduli kebutuhan warga sekolah, mengembangkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan, serta menciptakan rasa aman dan nyaman kepada para warga sekolah. Saran, kepemimpinan transformasional kepala sekolah harus terus ditingkatkan khususnya dalam memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan serta dunia usaha dalam pengembangan kewirausahaan.

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Surami, S., & Abdullah, G. . (2022). Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kewirausahaan di Smp Negeri 1 Pamotan Kabupaten Rembang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8012–8023. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9630