Peran Kepala Sekolah sebagai Manajer dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Pendidikan di SMP Negeri 2 Pemalang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9371Abstract
Kepala sekolah sebagai manajer merupakan komponen pendidikan yang sangat berperan dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan. Namun masih dijumpai bahwa peran tersebut belum menunjukkan ke arah peningkatan mutu pelayanan yang diinginkan oleh pengguna layanan pendidikan, baik pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dan masyarakat. Untuk itu kepala sekolah harus memahami perannya dalam mengelola pendidikan. Peran tersebut telah dilakukan oleh Kepala SMP Negeri 2 Pemalang dalam upaya memberikan pelayanan mutu pendidikan kepada warga sekolahnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang profil SMP Negeri 2 Pemalang, peran kepala sekolah sebagai manajer, serta bentuk-bentuk pelayanan pendidikan yang diberikan kepala sekolah sebagai manajer kepada para pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dan masyarakat pengguna pelayanan pendidikan di SMP Negeri 2 Pemalang. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, instrumen data dan sumber data, menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan koleksi data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sebagai manajer dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan di SMP Negeri 2 Pemalang telah dilaksanakan dengan baik. Namun masih ditemukan adanya hambatan, yaitu terbatasnya jumlah kegiatan ekstrakurikuler bagi peserta didik karena minimnya anggaran sekolah yang tersedia.Downloads
Published
2022-11-26
How to Cite
Mukholidin, M., Abdullah, G. ., & Nyoman.M, N. A. . (2022). Peran Kepala Sekolah sebagai Manajer dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Pendidikan di SMP Negeri 2 Pemalang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6673–6679. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9371
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mukholidin, Ghufron Abdullah, Ngurah Ayu Nyoman.M
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).