Peran Kepala Sekolah sebagai Manajer dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Pendidikan di SMP Negeri 2 Pemalang

Authors

  • Mukholidin Mukholidin Universitas PGRI Semarang
  • Ghufron Abdullah Universitas PGRI Semarang
  • Ngurah Ayu Nyoman.M Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9371

Abstract

Kepala sekolah sebagai manajer merupakan komponen pendidikan yang sangat berperan dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan. Namun masih dijumpai bahwa peran tersebut belum menunjukkan ke arah peningkatan mutu pelayanan yang diinginkan oleh pengguna layanan pendidikan, baik pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dan masyarakat. Untuk itu kepala sekolah harus memahami perannya dalam mengelola pendidikan. Peran tersebut telah dilakukan oleh Kepala SMP Negeri 2 Pemalang dalam upaya memberikan pelayanan mutu pendidikan kepada warga sekolahnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang profil SMP Negeri 2 Pemalang, peran kepala sekolah sebagai manajer, serta bentuk-bentuk pelayanan pendidikan yang diberikan kepala sekolah sebagai manajer kepada para pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dan masyarakat pengguna pelayanan pendidikan di SMP Negeri 2 Pemalang. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, instrumen data dan sumber data, menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan koleksi data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sebagai manajer dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan di SMP Negeri 2 Pemalang telah dilaksanakan dengan baik. Namun masih ditemukan adanya hambatan, yaitu terbatasnya jumlah kegiatan ekstrakurikuler bagi peserta didik karena minimnya anggaran sekolah yang tersedia.

Downloads

Published

2022-11-26

How to Cite

Mukholidin, M., Abdullah, G. ., & Nyoman.M, N. A. . (2022). Peran Kepala Sekolah sebagai Manajer dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Pendidikan di SMP Negeri 2 Pemalang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6673–6679. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9371