Dasar dan Asas Pendidikan dalam Al-Qur’an

Authors

  • Ade Chia Syafira Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Amaliya Fitri Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Kartina Anggraini Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Meilinda Sariani Daulay Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mardinal Tarigan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9512

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah adalah supaya dapat memahami Dasar dan Asas Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Landasan pendidikan Islam adalah Alquran dan Hadits. Kedua landasan tersebut ialah sumber ajaran islam yang akan menjadi pedoman hidup umat Islam. Selain itu, ada prinsip kependudukan, yaitu beberapa ilmu pendidikan yang fungsinya diperlukan untuk membangun konsep pendidikan. Penelitian ini menggunakan survei literatur yang melihat buku-buku sejarah peradaban Islam yang terkait dengan topik penelitian. Penelitian kepustakaan merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pengumpulan data penelitian kepustakaan dengan menggunakan sumber pustaka untuk memperoleh penelitian, dengan melakukan kegiatan membaca, mengolah dan merekam bahan penelitian penelitian (Zed, 2004). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Deskripsi kualitatif adalah kajian tentang peristiwa-peristiwa yang akan dialami subjek penelitian. Karena itu, tujuan pendidikan Islam berbeda-beda, berdasarkan Islam bertujuan untuk membantu peserta didik agar dapat hidup dengan berpegang teguh pada ajaran Islam. Al-Qur'an tidak menganggap manusia sebagai makhluk yang diciptakan secara kebetulan atau diciptakan dari kumpulan atom, tetapi mereka diciptakan setelah direncanakan untuk melakukan tugas sebagai tuhan di bumi ini.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Syafira, A. C. ., Nasution, . A. F. ., Nasution, K. A. ., Daulay, M. S. ., & Tarigan, M. . (2022). Dasar dan Asas Pendidikan dalam Al-Qur’an . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7405–7410. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9512

Most read articles by the same author(s)