Hakikat dan Tujuan Pendidikan dalam Islam: Konsep Tarbiyah, Ta’lim, dan Ta’dib

Authors

  • Ferren Audy Febina Sitompul Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Meisyah Nurliza Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nadhirotul Jannah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mardinal Tarigan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9138

Abstract

Manusia merupakan makhluk Allah yang diperlukan dikarenakan memenuhi tanggung jawab sebagai pemimpin di muka bumi ini.  Pendidikan islam merupakan salah satu yang membentuk suatu Al-Tarbiyah, Al-Ta’dib maupun Ta’lim. Maka dari ketiga tersebut yang sering di pakai ialah Al-Tarbiyah dikarenakan kata tersebut memiliki makna  maupun makna dasarnya  yang untuk menyatakan pertumbuhan, kedewasaan dan perkembangan, Mmemelihara, mengadaptasi, dan mendukung pendidikan yang didefinisikan sebagai upaya untuk menciptakan sumber informasi yang sangat bermanfaat. Karena pendidikan mencakup seluruh aspek kehidupan manusia, baik pemikiran maupun pengalaman. Oleh karena itu, esensi pendidikan adalah membekali umat manusia dengansebuah  keterampilan maupun pengetahuan yang cukup baik itu tentang bentuk maupun angka. Maka dari pendidik maupun mendidik pada dasarnya merupakan  fungsi ilahi, karena Al-Qur'an menegaskan bahwa Allah adalah Aramin Rabar dan Rabbi berarti pendidik alam semesta, pendidik umat manusia. Mengembangkan kepribadian manusia (siswa) melalui pelatihan spiritual, rasional, emosional dan spiritual.

Downloads

Published

2022-11-20

How to Cite

Sitompul, F. A. F. ., Lubis, . M. N. ., Jannah, N. ., & Tarigan, M. . (2022). Hakikat dan Tujuan Pendidikan dalam Islam: Konsep Tarbiyah, Ta’lim, dan Ta’dib. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5411–5416. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9138

Most read articles by the same author(s)