Pengaruh Aplikasi Berbasis Android Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Three Rahmadona Universitas Negeri Padang
  • Firman Firman Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Desyandri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9202

Abstract

Penelitian ini berawal dari maraknya aplikasi berbasis android sebagai media pembelajaran semenjak fenomena Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring atau dalam jaringan. Aplikasi berbasis android ini banyak ragamnya dan bisa diterapkan hampir di semua mata pelajaran. Penelitian ini merupakan studi literatur yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi berbasis android dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan studi literatur, pertama-tama  peneliti  merumuskan  masalah,  kemudian  dilanjutkan  dengan  menelusuri penelitian  yang  sudah  ada  dan  relevan  untuk  dianalisis. Dari hasil penelitian artikel-artikel yang relevan, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh positif penggunaan aplikasi berbasis android terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini tampak pada tingginya rata-rata hasil belajar posttest kelompok eksperimen yang menggunakan media aplikasi berbasis android di dalam pembelajaran. Pada uji statistik juga terbukti bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima, yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan aplikasi berbasis android terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2022-11-22

How to Cite

Rahmadona, . T. ., Firman, F., & Desyandri, D. (2022). Pengaruh Aplikasi Berbasis Android Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5762–5767. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9202

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>