Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar

Authors

  • Ari Setiono Universitas Kristen Satya Wacana
  • Endang Indarini Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9176

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa kelas 4 SD. Subjek penelitian ini adalah kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa dan kelas kontrol  yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen penelitian ini menggunakan RPP model Problem Based Learning dan RPP model Konvensional serta instrument kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi Kuantitatif sebagai uji persyarat, uji T dan N-Gain. Hasil Pengujian hipotesis, dengan Uji t-sig (2-tailed) diperoleh 0,000 < 0,05 dengan thitung 4,812 > ttabel 2,012 maka Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran tematik Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen 1 menggunakan model Problem Based Learning dengan kondisi awal yaitu 64,67 meningkat menjadi 79,76 dengan kenaikan sebesar 15%. Hal ini menunjukan bahwa  dengan model Problem Based Learning sangat berpengaruh ditinjau dari kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran tematik di Sekolah dasar.

Downloads

Published

2022-11-21

How to Cite

Setiono, A. ., & Indarini, E. . (2022). Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5685–5693. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9176