Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9176Abstract
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa kelas 4 SD. Subjek penelitian ini adalah kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen penelitian ini menggunakan RPP model Problem Based Learning dan RPP model Konvensional serta instrument kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi Kuantitatif sebagai uji persyarat, uji T dan N-Gain. Hasil Pengujian hipotesis, dengan Uji t-sig (2-tailed) diperoleh 0,000 < 0,05 dengan thitung 4,812 > ttabel 2,012 maka Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran tematik Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen 1 menggunakan model Problem Based Learning dengan kondisi awal yaitu 64,67 meningkat menjadi 79,76 dengan kenaikan sebesar 15%. Hal ini menunjukan bahwa dengan model Problem Based Learning sangat berpengaruh ditinjau dari kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran tematik di Sekolah dasar.Downloads
Published
2022-11-21
How to Cite
Setiono, A. ., & Indarini, E. . (2022). Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5685–5693. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9176
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ari Setiono, Endang Indarini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).