Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nanda Muftia Dewi Universitas Kristen Satya Wacana
  • Muhammad Abdul Aziz Universitas Kristen Satya Wacana
  • Endang Indarini Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5161

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis besar pengaruh model Discovery Learning dari berbagai penelitian eksperimen yang diambil dari berbagai jurnal yang di publikasikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Metode penilitian dalam penulisan ini adalah jenis penilitian meta-analisis. Penilitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan, meringkas, menelaah data penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti sebelumnya. Untuk memilih populasi jurnal dengan mencari jurnal online pada Google Scholar. Kata kunci yang dipakai adalah “Discovery Learning” dan “Berpikir Kritis”. Dari output pencarian istilah kunci tadi memperoleh 10 artikel. Berdasarkan hasil uji effect size menggunakan uji Ancova, output yang tercantum dalam kolom Corrected Model yang diketahui Partial Eta Squared sebesar 0,489 dengan nilai Sig. sebesar 0,024. Hal ini menunjukkan bahwa 0,024 berada diantara 0,2 d ? 0,5. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Discovery Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini terlihat dari hasil pretest dan posstest yang mempunyai selisih rata-rata sebesar 18. Dari hasil tersebut didapatkan bahwa Model Discovery Learning ditetapkan berpengaruh sedang terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis.

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Dewi, N. M. ., Aziz, M. A. ., & Indarini, E. . (2022). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 49–57. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5161