Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5161Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis besar pengaruh model Discovery Learning dari berbagai penelitian eksperimen yang diambil dari berbagai jurnal yang di publikasikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Metode penilitian dalam penulisan ini adalah jenis penilitian meta-analisis. Penilitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan, meringkas, menelaah data penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti sebelumnya. Untuk memilih populasi jurnal dengan mencari jurnal online pada Google Scholar. Kata kunci yang dipakai adalah “Discovery Learning” dan “Berpikir Kritis”. Dari output pencarian istilah kunci tadi memperoleh 10 artikel. Berdasarkan hasil uji effect size menggunakan uji Ancova, output yang tercantum dalam kolom Corrected Model yang diketahui Partial Eta Squared sebesar 0,489 dengan nilai Sig. sebesar 0,024. Hal ini menunjukkan bahwa 0,024 berada diantara 0,2 d ? 0,5. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Discovery Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini terlihat dari hasil pretest dan posstest yang mempunyai selisih rata-rata sebesar 18. Dari hasil tersebut didapatkan bahwa Model Discovery Learning ditetapkan berpengaruh sedang terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis.Downloads
Published
2022-07-02
How to Cite
Dewi, N. M. ., Aziz, M. A. ., & Indarini, E. . (2022). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 49–57. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5161
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nanda Muftia Dewi, Muhammad Abdul Aziz, Endang Indarini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).