Pengembangan Bahan Ajar Buku Cerita Rakyat Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar

Authors

  • Diyah Fatma Wulandari Universitas Kristen Satya Wacana
  • Endang Indarini Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9175

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan produk bahan ajar cerita rakyat “Asal Usul Desa Tengaran”. Menggunakan metode Pengembangan Research and Development, desain ADDIE yang terdiri dari 5: 1. Tahap Analisis; 2. Tahap desain; 3. Tahap pengembangan; 4. Tahap Implementasi; 5. Tahap Evaluasi. Analisis data: wawancara, angket validasi bahan ajaran Memperoleh nilai 4,2, materi 4,47, pembelajaran 4,5 jadi produk yang di kembangkan valid. Setelah produk di ujikan ke pakar di lakukan uji soal menggunakan IBM SPSS 24 for Windows. Soal valid kemudian di ujikan sebelum pembelajaran atau pretets, kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan bahan ajar yang telah di kembangkan, setelah pembelajaran selesai diberikan tes atau posttest. Hasilnya di uji paired samples test menujukkan Sig (2-tailed) sama dengan 0.000 ? 0,05 atau evektifan. Angket repon guru memperoleh 4,73, siswa 4,41 jadi produk efektif.

Downloads

Published

2022-11-21

How to Cite

Wulandari, D. F. ., & Indarini, E. . (2022). Pengembangan Bahan Ajar Buku Cerita Rakyat Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5672–5684. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9175