Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar

Authors

  • Efrianus Ruli Universitas Kristen Satya Wacana
  • Endang Indarini Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5203

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar dengan metode meta analisis. Penelitian ini digunakan metode berupa meta analisis. Populasi penelitian yaitu berupa artikel ilmiah yang telah dipublikasikan pada jurnal berskala nasional tentang digunakannya model Problem Based Learning yang telah dilakukan penerbitan 10 tahun terakhir. Sampel yang digunakan berupa artikel ilmiah Problem Based Learning terhadap kemampuan siswa dalam berpikir kritis pada pembelajaran matematika. Penelitian ini memperoleh nilai pretest dan posttest memiliki selisih rerata sebesar 19,29%. Perolehan uji normalitas nilai signifikansi 0,200 > 0,05 yang berarti terdistribusi normal. Hasil homogenitas didapatkan nilai signifikansi yaitu 0,246 > 0,05 menunjukkan variasi yang sama. Hasil linieritas skor pretest dan posttest model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan siswa dalam berpikir kritis mendapatkan nilai signifikansi 0.950 > 0,05 yang dapat diartikan mempunyai hubungan yang linear. Hasil dari uji Ancova telah dibuktikan bahwa f hitung > f tabel yaitu 7,376 > 3,554 dan signifikansi 0,001 < 0,05 berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data yang telah didapatkan telah membuktikan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh besar pada kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika.

Downloads

Published

2022-07-04

How to Cite

Ruli, E., & Indarini, E. . (2022). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 221–228. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5203