Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5203Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar dengan metode meta analisis. Penelitian ini digunakan metode berupa meta analisis. Populasi penelitian yaitu berupa artikel ilmiah yang telah dipublikasikan pada jurnal berskala nasional tentang digunakannya model Problem Based Learning yang telah dilakukan penerbitan 10 tahun terakhir. Sampel yang digunakan berupa artikel ilmiah Problem Based Learning terhadap kemampuan siswa dalam berpikir kritis pada pembelajaran matematika. Penelitian ini memperoleh nilai pretest dan posttest memiliki selisih rerata sebesar 19,29%. Perolehan uji normalitas nilai signifikansi 0,200 > 0,05 yang berarti terdistribusi normal. Hasil homogenitas didapatkan nilai signifikansi yaitu 0,246 > 0,05 menunjukkan variasi yang sama. Hasil linieritas skor pretest dan posttest model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan siswa dalam berpikir kritis mendapatkan nilai signifikansi 0.950 > 0,05 yang dapat diartikan mempunyai hubungan yang linear. Hasil dari uji Ancova telah dibuktikan bahwa f hitung > f tabel yaitu 7,376 > 3,554 dan signifikansi 0,001 < 0,05 berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data yang telah didapatkan telah membuktikan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh besar pada kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika.Downloads
Published
2022-07-04
How to Cite
Ruli, E., & Indarini, E. . (2022). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 221–228. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5203
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Efrianus Ruli, Endang Indarini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).