Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Menggunakan Model Problem Based Learning Siswa Kelas VIII

Authors

  • Sylvia Martina R. Sihite Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Theresia Monika Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lasman Malau Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8662

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Siantar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif Quasi Experimental Design. Hasil analisis uji instrumen menunjukkan bahwa instrumen tersebut valid dan reliabel, selain itu dari hasil perhitungan analisis data diperoleh bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap keterampilan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Siantar. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yaitu t_hitung sebesar 6,217 yang lebih besar dari t_tabel sebesar 2,002. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak terkait seperti guru, siswa dan peneliti selanjutnya.

Downloads

Published

2022-11-11

How to Cite

Sihite, S. M. R. ., Siahaan, T. M. ., & Malau, L. . (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Menggunakan Model Problem Based Learning Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2900–2909. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8662