Penyusunan Teks Fabel Sebagai Media Pembelajaran Kartu Bergambar Fiksi Sebagai Penunjang Kreativitas Siswa SMA Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8614Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kebutuhan penyusunan media pembelajaran kartu bergambar sebagai penunjang kreativitas penyusunan teks fabel bagi peserta didik SMA kelas X menurut persepsi peserta didik dan guru, (2) mendeskripsikan prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran kartu bergam- bar, (3) menghasilkan prototipe kartu bergambar, dan (4) mendeskripsikan penilaian dan perbaikan prototipe. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan dalam lima tahap, yaitu survei pendahuluan, awal pengembangan prototipe, desain produk, validasi produk, dan perbaikan desain. Hasil penelitian ini menghasilkan media pembelajaran kartu bergambar yang mampu menunjang krea- tivitas peserta didik dalam menyusun teks fabel. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil uji validasi oleh guru bahasa Indonesia kelas X sebesar 84 dan nilai rata-rata dari dosen ahli sebesar 87,2.Downloads
Published
2022-11-10
How to Cite
Astuti, . . S. ., Puspita, D. ., & Anggraeni, L. . (2022). Penyusunan Teks Fabel Sebagai Media Pembelajaran Kartu Bergambar Fiksi Sebagai Penunjang Kreativitas Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2639–2645. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8614
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sariyah Astuti ,Dian Puspita , Leni Anggraeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).