Penyusunan Teks Fabel Sebagai Media Pembelajaran Kartu Bergambar Fiksi Sebagai Penunjang Kreativitas Siswa SMA Kelas X

Authors

  • Sariyah Astuti Institut Bakti Nusantara
  • Dian Puspita Institut Bakti Nusantara
  • Leni Anggraeni Institut Bakti Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8614

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kebutuhan penyusunan media pembelajaran kartu bergambar sebagai penunjang kreativitas penyusunan teks fabel bagi peserta didik SMA kelas X menurut persepsi peserta didik dan guru, (2) mendeskripsikan prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran kartu bergam- bar, (3) menghasilkan prototipe kartu bergambar, dan (4) mendeskripsikan penilaian dan perbaikan prototipe. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan dalam lima tahap, yaitu survei pendahuluan, awal pengembangan prototipe, desain produk, validasi produk, dan perbaikan desain. Hasil penelitian ini menghasilkan media pembelajaran kartu bergambar yang mampu menunjang krea- tivitas peserta didik dalam menyusun teks fabel. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil uji validasi oleh guru bahasa Indonesia kelas X sebesar 84 dan nilai rata-rata dari dosen ahli sebesar 87,2.

Downloads

Published

2022-11-10

How to Cite

Astuti, . . S. ., Puspita, D. ., & Anggraeni, L. . (2022). Penyusunan Teks Fabel Sebagai Media Pembelajaran Kartu Bergambar Fiksi Sebagai Penunjang Kreativitas Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2639–2645. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8614