Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP 3 Kabupaten Pringsewu

Authors

  • Leni Anggraeni Sistem Informasi Institut Bakti Nusantara
  • Noca Yolanda Sari Sistem Informasi Institut Bakti Nusantara
  • Novita Andriyani Sistem Informasi Institut Bakti Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13452

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) adakah pengaruh pembelajaran menggunakan Time Quiz belajar akan lebih bermakna (2) Untuk mengetahui apakah penerapan Model pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII A SMP 3 Kabupaten Pringsewu.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan Model pembelajaran Team Quiz pada pembelajaran Bahasa Indonesia aktivitas siswa meningkat yaitu dari rata-rata skor 12 (Cukup) pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 14,5 (Baik). Serta dengan pengujian peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan uji tes“t” menunjukan dengan demikian t adalah jauh lebih besar dari nilai post tes siklus I dengan nilai post tes siklus II terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan, Dengan demikian, penerapan Model pembelajaran Team Quiz di SMP 3 model Time Quiz sebagai salah satu alternatif dari pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Anggraeni, L. ., Sari, N. Y. ., & Andriyani, N. . (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP 3 Kabupaten Pringsewu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2199–2207. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13452