KOORDINASI BIMBINGAN KONSELING DENGAN GURU BIDANG STUDI MENGHADAPI SISWA BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.528Keywords:
Koordinasi, Bimbingan Konseling dengan Guru Bidang Studi, Siswa Berkesulitan Belajar MatematikaAbstract
Banyak siswa yang menganggap matematika merupakan bidang studi yang paling sulit. Tetapi, semua orang harus mempelajarinya sebab matematika merupakan sarana untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari. Kesulitan belajar matematika pada siswa harus segera di tangani, karena hampir semua bidang studi memerlukan matematika yang bersesuaian. Koordinasi antara bimbingan konseling dengan guru bidang studi sangat penting untuk mengetahui kesulitan apa yang dialami peserta didik selama proses pembelajaran matematika dan apa penyebab nya serta bagaimana cara menanggulangi kesulitan tersebut.References
Adriani, Melisa. 2013. Kerjasama Guru Bimbingan dan Konseling dengan Guru Mata Pelajaran dalam Mengembangkan Cara Belajar
Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 2, No.1.
Aini, Zamratul. 2018. Kontribusi Penguatan Guru Mata Pelajaran dan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Keaktifan Siswa dalam Belajar.
Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan. Vol. 1, No. 1.
Amalia, Rizki. 2019. Intervensi Konselor Sekolah untuk Meningkatkan Self Esteem bagi Anak Keluarga Broken Home. Jurnal Pendidikan
Tambusai. Vol 1, No.2.
Falah, Nailul. 2016. Peningkatan Layanan Bimbingan dan Konseling Melalui Pelatihan Pembuatan Media Bimbingan pada Konselor Sekolah di MAN Lab. UIN Yogyakarta. Jurnal Hisbah. Vol. 13, No. 1.
Fitriani, Yudha. 2018. Kolaborasi Guru Bimbingan Konseling Wali Kelas dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII di MTs Negeri Babadan Baru. Jurnal Transformatif. Vol. 2, No. 2.
Gunawan, Ronny. 2018. Peranan Tata Kelola Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Siswa di Sekolah. Jurnal Selaras Kajian
Bimbingan dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan. Vol. 1, No. 1.
Halawati, Firda. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Media Terhadap Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. Vol. 6, No. 1.
Hasanah, Noor. 2016. Upaya Guru dalam Mengatasi Siswa Berkesulitan Belajar Matematika di Kelas IV SDIT Ukhuwah
Banjarmasin. Jurnal PTK dan Pendidikan. Vol. 2, No. 2.
Kasih, Fitiria. 2017. Model Pengembangan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Tingkah Laku Remaja bagi Orang Tua Tipe Permisif. Jurnal Counseling Care. Vol. 1, No. 2.
Maulana, Riki. 2016. Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbasis Islami untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial
Siswa SMK. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling. Vol. 2, No. 1.
Mulyono, Abdurrahman. 2015. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Nisa, Afiatin. 2018. Analisis Kenakalan Siswa dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol. 4, No. 2.
Rosdianah, Kartinah, dan Muhtarom. 2019. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Matematika dan Pendidikan
Matematika. Vol. 1, No. 5.
Rozak, Abdul. 2018. Analisis Pelaksanaan Bimbingan Belajar dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Journal of Education and Instruction. Vol. 1, No. 1.
Simanjuntak, Hinsa. 2017. Peranan Bimbingan dan Konseling pada Siswa dalam Mengatasi Kesulitan Belajar oleh Siswa Kelas XII
SMA Negeri 1 Parbuluan. Jurnal Penelitian, Pemikiran, dan Pengabdian. Vol. 5, No. 2.
Tarjiah, Indina. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI. Vol. 10, No. 2.
Yaniswantoro, Dwi Tegar. Tanpa Tahun. Peran Konselor Untuk Membantu Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar Bahasa Inggris di SMPN 2 Wlingi Kabupaten Blitar. Jurnal Penelitian Bimbingan Konseling. Vol. 1, No. 9.