Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SMP Kabupaten Pringsewu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13454Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan kualitas bagi siswa kelas VII SMP 1 Pringsewu melalui pemanfaatan PTK. (2) Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. (3) Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan. (4) Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) kualitas pembelajaran menggunakan tipe Jigsaw dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa.(5) Peningkatan dapat dilihat melalui aspek mendengarkan penjelasan sebesar 76,19%. Rata –rata hasil belajar siswa pada siklus I 6,43 dan ketuntasan individu mencapai 19,09 % sehingga belum memenuhi indikator keberhasilan yang ingin ditetapkan (75%). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 6,76. Sementara, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus III sebesar 7,43.Downloads
Published
2023-03-30
How to Cite
Puspita, D. ., Astuti, S. ., & Anggraeni, L. . (2023). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SMP Kabupaten Pringsewu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2192–2198. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13454
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Dian Puspita, Sariyah Astuti, Leni Anggraeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).