Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SMP Kabupaten Pringsewu

Authors

  • Dian Puspita Sistem Informasi Institut Bakti Nusantara
  • Sariyah Astuti Sistem Informasi Institut Bakti Nusantara
  • Leni Anggraeni Sistem Informasi Institut Bakti Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13454

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan kualitas bagi siswa kelas VII SMP 1 Pringsewu melalui pemanfaatan PTK. (2) Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. (3) Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan. (4) Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) kualitas pembelajaran menggunakan tipe Jigsaw dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa.(5) Peningkatan dapat dilihat melalui aspek mendengarkan penjelasan sebesar 76,19%. Rata –rata hasil belajar siswa pada siklus I 6,43 dan ketuntasan individu mencapai 19,09 % sehingga belum memenuhi indikator keberhasilan yang ingin ditetapkan (75%). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 6,76. Sementara, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus III sebesar 7,43.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Puspita, D. ., Astuti, S. ., & Anggraeni, L. . (2023). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SMP Kabupaten Pringsewu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2192–2198. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13454