The effect of youtube on students’ vocabulary achievement At the eleventh grade of sma swasta teladan pematangsiantar

Authors

  • Dewi Fortuna Aruan University of HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Selviana Napitupulu University of HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Anita Sitanggang University of HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Janantri Hotmauli Nainggolan University of HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8533

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan efek YouTube terhadap prestasi kosakata siswa di kelas sebelas SMA Swasta Teladan Pematangsiantar tahun ajaran 2022/2023. Adapun metode penelitian ialah kuantitatif (eksperimen semu), yang terdidi dari dua kelas, yakni eksperimen dan kontrol. Populasi penelitian merupakan pelajar kelas XI SMA Swasta Teladan Pematangsiantar berjumlah 224 pelajar. Adapun sampel dalam penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas XI MIPA 2 (eskperimen) dan XI MIPA 3 (kontrol). Peneliti menggunakan rumus t-uji untuk menganalisis data kemudian menentukan apakah YouTube berpengaruh pada pencapaian kosakata siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pre-test di eksperimen ialah 57,125 dan rata-rata post test ialah 83,5. Sedangkan di kelas kontrol, rata-rata pre-test ilah 60,125 dan rata-rata post-test ialah 74. Setelah dihitung rata-rata dari kedua kelas dan kemudian dihitung menggunakan rumus t-uji hasilnya adalah t-uji lebih tinggi dari t-tabel dengan taraf signifikansi 5% (4,52 >1,665). Jadi, dapat disimpulkan bahwa YouTube berpengaruh terhadap pencapaian kosa kata para siswa.

Downloads

Published

2022-11-08

How to Cite

Aruan, D. F. ., Napitupulu, S. ., Sitanggang, A. ., & Nainggolan, J. H. . (2022). The effect of youtube on students’ vocabulary achievement At the eleventh grade of sma swasta teladan pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2241–2248. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8533