The effect of youtube on students’ vocabulary achievement At the eleventh grade of sma swasta teladan pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8533Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan efek YouTube terhadap prestasi kosakata siswa di kelas sebelas SMA Swasta Teladan Pematangsiantar tahun ajaran 2022/2023. Adapun metode penelitian ialah kuantitatif (eksperimen semu), yang terdidi dari dua kelas, yakni eksperimen dan kontrol. Populasi penelitian merupakan pelajar kelas XI SMA Swasta Teladan Pematangsiantar berjumlah 224 pelajar. Adapun sampel dalam penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas XI MIPA 2 (eskperimen) dan XI MIPA 3 (kontrol). Peneliti menggunakan rumus t-uji untuk menganalisis data kemudian menentukan apakah YouTube berpengaruh pada pencapaian kosakata siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pre-test di eksperimen ialah 57,125 dan rata-rata post test ialah 83,5. Sedangkan di kelas kontrol, rata-rata pre-test ilah 60,125 dan rata-rata post-test ialah 74. Setelah dihitung rata-rata dari kedua kelas dan kemudian dihitung menggunakan rumus t-uji hasilnya adalah t-uji lebih tinggi dari t-tabel dengan taraf signifikansi 5% (4,52 >1,665). Jadi, dapat disimpulkan bahwa YouTube berpengaruh terhadap pencapaian kosa kata para siswa.Downloads
Published
2022-11-08
How to Cite
Aruan, D. F. ., Napitupulu, S. ., Sitanggang, A. ., & Nainggolan, J. H. . (2022). The effect of youtube on students’ vocabulary achievement At the eleventh grade of sma swasta teladan pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2241–2248. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8533
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dewi Fortuna Aruan, Selviana Napitupulu, Anita Sitanggang, Janantri Hotmauli Nainggolan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).