Teachers’ Techniques In Teaching Speaking At Grade Eleven Of SMA Negeri 3 Pematang Siantar

Authors

  • Kurnia Sarah Lidya Nainggolan University of HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Selviana Napitupulu University of HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Novra Melisa P. Hutabarat University of HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9161

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menemukan teknik guru untuk mengajar berbicara dalam bahasa Inggris untuk kelas 11 SMA Negeri 3 Pematang Siantar. Desain penelitian adalah kualitatif deskriptif di mana peneliti memperoleh data dengan observasi. Dalam mengumpulkan data melalui observasi, peneliti merekam seluruh kegiatan pembelajaran menggunakan kamera video. Data dari penelitian ini dikumpulkan dan diperoleh melalui pengamatan dan direkam melalui kamera video, lalu dituang ke dalam transkrip dan akhirnya menganalisis teknik guru. Subjek penelitian adalah guru bahasa Inggris dengan siswa kelas 11. Peneliti menemukan teknik yang relevan dan tidak relevan untuk mengajarkan berbicara bahasa Inggris. Empat teknik relevan yang digunakan oleh guru untuk mengajar berbicara adalah teknik permainan peran, teknik diskusi, teknik tanya jawab, dan teknik brainstorming. Pada akhirnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan teknik-teknik mengajar, seperti permainan peran, diskusi, tanya jawab, dan brainstorming untuk meningkatkan kegiatan belajar sehingga siswa dapat menjadi aktif dalam berbicara dan mengungkapkan pendapat mereka selama proses belajar.

Downloads

Published

2022-11-21

How to Cite

Nainggolan, K. S. L. ., Napitupulu, S. ., & Hutabarat, N. M. P. . (2022). Teachers’ Techniques In Teaching Speaking At Grade Eleven Of SMA Negeri 3 Pematang Siantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5550–5557. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9161