The Effect Of English Kids’ Song Teaching Media To The Ability Listening Comprehension Of Grade Eight Students’ At Smp Negeri 1 Dolok Pardamean On Descriptive Text
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8829Abstract
Penelitian ini menyajikan laporan penelitian tentang penggunaan media pembelajaran lagu anak bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Dolok Pardamean. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan lagu anak-anak berbahasa Inggris sebagai media pengajaran. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Pardamean. Dalam penelitian ini peneliti mengambil 64 siswa SMP Negeri 1 Dolok Pardamean sebagai sampel. Kelas eksperimen adalah VIII 7, dan kelas kontrol adalah VIII 6. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan media pengajaran lagu English Kids, sedangkan kelas kontrol diajar dengan metode ceramah. Teknik analisis data yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Dalam menganalisis data, nilai rata-rata siswa untuk pre-test dalam eksperimen adalah 32,94 dan nilai rata-rata siswa untuk post-test dalam eksperimen adalah 62,95. Rerata pre-test pada kelompok kontrol adalah 32,30 dan rata-rata untuk post-test pada kelompok kontrol adalah 45,85. Kesimpulannya adalah penggunaan lagu English Kids sebagai media pengajaran berpengaruh signifikan terhadap pemahaman mendengarkan siswa. Disarankan kepada guru hendaknya menerapkan media ini sebagai salah satu media pengajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak pemahaman teks deskripti.Downloads
Published
2022-11-15
How to Cite
Siahaan, S. ., Sitanggang, A. ., & Panjaitan, L. . (2022). The Effect Of English Kids’ Song Teaching Media To The Ability Listening Comprehension Of Grade Eight Students’ At Smp Negeri 1 Dolok Pardamean On Descriptive Text . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3818–3828. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8829
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sanggam Siahaan, Anita Sitanggang, Limsardo Panjaitan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).