The Effect Of English Kids’ Song Teaching Media To The Ability Listening Comprehension Of Grade Eight Students’ At Smp Negeri 1 Dolok Pardamean On Descriptive Text

Authors

  • Sanggam Siahaan Universitas of HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Anita Sitanggang Universitas of HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Limsardo Panjaitan Universitas of HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8829

Abstract

Penelitian ini menyajikan laporan penelitian tentang penggunaan media pembelajaran lagu anak bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Dolok Pardamean. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan lagu anak-anak berbahasa Inggris sebagai media pengajaran. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dolok Pardamean. Dalam penelitian ini peneliti mengambil 64 siswa SMP Negeri 1 Dolok Pardamean sebagai sampel. Kelas eksperimen adalah VIII 7, dan kelas kontrol adalah VIII 6. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan media pengajaran lagu English Kids, sedangkan kelas kontrol diajar dengan metode ceramah. Teknik analisis data yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Dalam menganalisis data, nilai rata-rata siswa untuk pre-test dalam eksperimen adalah 32,94 dan nilai rata-rata siswa untuk post-test dalam eksperimen adalah 62,95. Rerata pre-test pada kelompok kontrol adalah 32,30 dan rata-rata untuk post-test pada kelompok kontrol adalah 45,85. Kesimpulannya adalah penggunaan lagu English Kids sebagai media pengajaran berpengaruh signifikan terhadap pemahaman mendengarkan siswa. Disarankan kepada guru hendaknya menerapkan media ini sebagai salah satu media pengajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak pemahaman teks deskripti.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Siahaan, S. ., Sitanggang, A. ., & Panjaitan, L. . (2022). The Effect Of English Kids’ Song Teaching Media To The Ability Listening Comprehension Of Grade Eight Students’ At Smp Negeri 1 Dolok Pardamean On Descriptive Text . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3818–3828. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8829