The Effect Of Using Collaborative Strategic Reading (CSR) On The Student’s Reading Comprehension Of Tenth Grade At SMK Swasta HKBP Pematangsiantar

Authors

  • Rini Mariani Nababan University of HKBP Nommensen
  • Selviana Napitupulu University of HKBP Nommensen
  • Novra Melisa Hutabarat University of HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8127

Abstract

Collaborative Strategic Reading (CSR) terbukti dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampaknya. Dengan menggunakan desain eksperimen semu, penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Dua kelompok, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, digunakan dalam penelitian ini. Hal ini dilakukan untuk menentukan kelompok mana yang berguna dalam membantu siswa dalam memahami teks naratif. Penulis mengajar kelompok eksperimen menggunakan membaca strategis kolaboratif (CSR), sedangkan kelompok kontrol menerima instruksi menggunakan media konvensional. Data untuk penelitian ini dievaluasi menggunakan uji-t. Hasil uji t sebesar 6,17, lebih tinggi dari t-tabel pada taraf signifikan 5% (1,67). Hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas sepuluh di SMK Swasta HKBP Pematangsiantar sangat diuntungkan dengan membaca pemahaman teks naratif.

Downloads

Published

2022-11-01

How to Cite

Nababan, R. M. ., Napitupulu, S. ., & Hutabarat, N. M. . (2022). The Effect Of Using Collaborative Strategic Reading (CSR) On The Student’s Reading Comprehension Of Tenth Grade At SMK Swasta HKBP Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 140–144. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8127