Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XII SMK N 1 Semarang

Authors

  • Desanda Puspitasari Universitas PGRI Semarang
  • M. Th. S. R. Retnaningdyastuti Universitas PGRI Semarang
  • Desi Maulia Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8269

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas XII SMK N 1 Semarang. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dengan populasi 95 siswa, dari kelas XII PSPR, XII PSPT, XII TOI. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologis yaitu skala kepercayaan diri dan skala keterampilan komunikasi interpersonal. Sampel penelitian dari kelas XII PSPT dan XII TOI sejumlah 63 siswa. Berdasarkan uji korelasi pearson product moment, diperoleh nilai korelasi r hitung 0,635. Sedangkan r tabel dengan taraf signifikansi 5% diperoleh sebesar 0,244, sehingga nilai r hitung 0,635 > r tabel 0,244. Maka terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas XII SMK N 1 Semarang. Hubungan menunjukkan positif artinya jika kepercayaan diri semakin tinggi maka keterampilan komunikasi interpersonal siswa semakin tinggi, sebaliknya jika kepercayaan diri rendah maka keterampilan komunikasi interpersonal siswa juga rendah.

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Puspitasari, D. ., Retnaningdyastuti, M. T. S. R. ., & Maulia, D. . (2022). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XII SMK N 1 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 859–866. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8269