Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Kelas X SMA Lab School PGRI Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6179Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hubungan sosial yang berkaitan dengan dukungan sosial antara lain siswa ingin mempunyai kawan yang akrab, serta sering menyesali diri sendiri. Permasalahan yang berkaitan dengan penyesuaian diri yaitu siswa merasa tidak sebaik orang lain, serta ingin hidup lebih tenang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dukungan sosial dan penyesuaian diri siswa pada kelas X di SMA Lab School PGRI Semarang berdasarkan angka koefisien korelasinya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Lab School PGRI Semarang yang berjumlah 90 siswa yang terdiri dari kelas IPA 1, X IPS 1, dan X IPS 2. Kelas X IPA 1 sebagai kelas try out yang berjumlah 30. Penulis memilih sampel menggunakan teknik sampling jenuh karena jumlah populasi yang relatif kecil. Sehingga sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 60 siswa. Analisis yang digunakan untuk menguji validitas adalah korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha.Hasil analisis penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri siswa pada kelas X di SMA Lab School PGRI Semarang. Hal ini berarti semakin tinggi dukungan sosial yang didapatkan maka semakin mudah penyesuaian dirinya. Begitu juga sebaliknya, bahwa semakin rendah dukungan sosial yang didapatkan maka semakin rendah pula tingkat penyesuaian diri. Saran untuk peneliti lain yang akan melakukan penelitian yang sama dapat membagikan kuesioner baik secara langsung ataupun online apabila terdapat keterbatasan dalam proses penyebaran kuesioner. Selain itu, sasaran penelitiannya dapat lebih luas lagi agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.Downloads
Published
2022-08-20
How to Cite
Putri, H. J. S. ., Rakhmawati, D. ., & Maulia, D. . (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Kelas X SMA Lab School PGRI Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4484–4488. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6179
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Hippy Jovaniza Surya Putri, Dini Rakhmawati, Desi Maulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).