Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pemilihan Karir Pada Siswa SMA N 1 Sragi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8332Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuhorang tua terhadap pemilihan karir siswa SMAN 1 Sragi . Berdasarkan wawancara prapenelitian terdapat siswa yang membutuhkan pendampingan dari keluarga maupun guru BK dalam menentukan karirnya. Perencanaaan karir siswa bukan hanya sekedar pekerjaan yang dipilih, melainkan suatu pekerjaan yang benar – benar sesuai dengan potensi diri pada siswa. Populasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Sragi, yang berjumlah 259 siswa, yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sragi. sampel yang akan digunakan dalam penelitian adalah dengan sampling jenuh, sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana.Berdasarkan hasil uji analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap pemilihan karir pada SISWA kelas XI SMA Negeri 1 Sragi. Hal ini dapat dibuktikan dari persamaan regresinya adalah Y = a + bx= 73.917 + 1.092x. persamaan ini menunjukkan harga 73.917 artinya konstanta (a). maksudnya jika tidak ada penambahan profitabilitas pola asuh orang tua maka pemilihan karir anak hanya sebesar 73.917. sementara itu, nilai 1.092 merupakan koefisien regresi yang menunjukkan arti apabila pola asuh meningkat 1 poin maka pemilihan karir akan meningkat 1,092. Berdasarkan perhitungan SPSS, p value sebesar 0.000 sehingga p value < 0.005 artinya ada pengaruh yang signifikan antara variabel pola asuh orang tua dengan variabel pemilihan karir.Downloads
Published
2022-11-04
How to Cite
Mahista, S. I. ., Rakhamawati, D. ., & Maulia, D. . (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pemilihan Karir Pada Siswa SMA N 1 Sragi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1141–1146. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8332
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Surya Ihza Mahista, Dini Rakhamawati, Desi Maulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).