Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Poster Terhadap Interaksi Sosial Siswa Kelas X Tata Boga SMKN Kebasen pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • As Zahra Anggita Narasati Universitas PGRI Semarang
  • Retna Ningdyastuti Universitas PGRI Semarang
  • Desi Maulia Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6135

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kelas X Tata Boga SMKN Kebasen yang mengalami kesulitan dalam interaksi sosial. Hal ini disebabkan kurangnya interaksi saat pembelajaran dilakukan dan cenderung tidak merespon guru pada saat pembelajaran tatap muka dan online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal menggunakan media poster terhadap peningkatan interaksi sosial siswa kelas X Tata Boga SMKN Kebasen. 2021/2022. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala likert dengan sampel 35 responden lainnya secara langsung menggunakan teknik sampling jenuh, pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 24. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik uji validitas instrumen, uji reliabilitas instrumen, pengujian hipotesis melalui uji-t yaitu uji-t yang diolah dengan program komputer SPSS, serta uji Wilcoxon dengan indeks tabel pasangan tanding Wilcoxon. Sig (2-tailed) senilai 0,00. Oleh karena itu signifikansi (Sig) < 0,05 (5%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan media poster pada siswa kelas X SMKN Kebasen.

Downloads

Published

2022-08-18

How to Cite

Narasati, . A. Z. A. ., Ningdyastuti, R. ., & Maulia, D. . (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Poster Terhadap Interaksi Sosial Siswa Kelas X Tata Boga SMKN Kebasen pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4177–4184. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6135