Pengaruh Model Pembelajaran Scientific Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Fisika Siswa di SMA Negeri 2 Pematang Siantar T.A. 2022/2023

Authors

  • Rika Novayanti Marpaung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Ady Frenly Simanullang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Fine Eirene Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8245

Abstract

Penelitian ini melihat pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Ilmiah SMA Negeri 2 Pematang Siantar terhadap pemahaman konsep IPA siswa. Ini menggunakan Cluster Random Sampling, teknik pengambilan sampel khusus, untuk mencapai tujuan ini. “Siswa kelas XI MIPA 5 dipilih sebagai sampel; baik pretest dan posttest digunakan untuk melakukan penelitian. Ini adalah eksperimen kuasi-eksperimental desain dengan dua kelompok yang berbeda kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Untuk membuktikan keefektifan model pembelajaran Inkuiri Ilmiah, peneliti menggunakan metode penelitian. Hal ini menyebabkan terciptanya suatu analisis dengan menggunakan teknik pengolahan data dan analisis statistik. Temuan yang dihasilkan adalah bahwa siswa yang menggunakan model pembelajaran ini menunjukkan kemahiran yang lebih besar dalam sains daripada mereka yang tidak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 5.677 > 2.001, yang berarti 5.677 lebih besar dari 2.001 dengan selisih 3%. Artinya 90% siswa di Kelas Eksperimen mengungguli 56,6% siswa di Kelas Kontrol.

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Marpaung, R. N. ., Simanullang, A. F. ., & Siahaan, F. E. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Scientific Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Fisika Siswa di SMA Negeri 2 Pematang Siantar T.A. 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 751–759. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8245