Pengaruh Model Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya di Kelas V SD Negeri 091450 Bahtongguran

Authors

  • Efris Sinurat Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Juni Agus Simaremare Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Sunggul Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8238

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Model Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya di Kelas V SD Negeri 091450 Bahtongguran Pematangsiantar T.A 2022/2023. Jenis peneltian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Kuantitatif, yang menyatakan bahwa penelitaian kuantitatif merupakan penelitian yang berupa angka-angka serta analisisnya menggunakan statistik. Desain penelitian yang akan digunakan yaitu eksperimen, dengan bentuk Pre-Experimental Design yang menggunakan desain “one group pretest posttest design”. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 091450 Bahtongguran yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada penelitian ini dari data yang sudah diujikan datanya dapat dilihat dari analisis data diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen pada pre-test (47.05) dan post-test (81,72). Hasil penelitian pada taraf 0,5 berdasarkan analisis data nilai pre-test dan post-test menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailend) 0,00 < 0,05, dimana Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan Model Kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada subtema 3 lingkungan dan manfaatnya di kelas V SD Negeri 091450 Bahtongguran Tahun ajaran 2022/2023.

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Sinurat, E. ., Simaremare, J. A. ., & Pasaribu, S. . (2022). Pengaruh Model Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya di Kelas V SD Negeri 091450 Bahtongguran . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 707–717. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8238

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>