Pengembangan Media Video Pembelajaran Sub Tema 2 Manfaat Hewan Bagi Kehidupan Manusia Kelas III Sekolah Dasar Negeri Jatingarang Kecamatan Bayan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7697Abstract
Tujuan penelitian: (1) mengetahui pengembangan video pembelajaran pada sub tema 2 manfaat hewan bagi kehidupan manusia bagi siswa kelas 3 sekolah dasar, (2) mengetahui kelayakan media video pembelajaran pada sub tema 2 manfaat hewan bagi kehidupan manusia bagi siswa kelas 3 sekolah dasar. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4D (define, design, development, and dessimination). Subjek penelitian siswa kelas 3 SD Negeri Jatingarang. Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji coba produk dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu uji coba terbatas dan uji coba skala luas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kevalidan dan analisis kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan media video pembelajaran berdasarkan prinsip 4D dinyatakan layak, (2) media video pembelajaran mendapat kategori layak, berdasar analisis kevalidan mendapatkan skor rata-rata dari ahli media 3,7, ahli materi 3, dan guru 4, analisis kepraktisan uji coba terbatas aspek media memperoleh skor rata-rata 3,9, aspek penyajian skor rata-rata 3,92, dengan skor rata-rata uji coba terbatas yaitu 3,91. Uji coba luas aspek media memperoleh skor rata-rata 3,9, aspek penyajian memperoleh skor rata-rata 3,93, dengan skor rata-rata uji coba luas 3,92. Media video pembelajaran dikatakan layak karena memiliki nilai kevalidan lebih dari 2,5 dan memiliki nilai kepraktisan lebih dari 2,5, pengembangan video pembelajaran telah disesuaikan mulai dari pembuatan media pembelajaran yang sesuai dengan tema dan kurikulum sehingga video pembelajaran dapat diterima dengan baik dan layak untuk dikembangkanDownloads
Published
2022-10-19
How to Cite
Ernawati, E., Anjarini, . T. ., & Ratnaningsih, A. . (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Sub Tema 2 Manfaat Hewan Bagi Kehidupan Manusia Kelas III Sekolah Dasar Negeri Jatingarang Kecamatan Bayan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6242–6256. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7697
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ernawati, Titi Anjarini, Arum Ratnaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).