Peningkatan Keterampilan Berhitung Bilangan Cacah Melalui Metode Jarimatika Pada Tema 7 Siswa Kelas I SDN 1 Ganggeng Tahun Ajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8232Abstract
Berhitung merupakan pembelajaran dasar yang wajib dimiliki siswa sebagai bekal dalam mempelajari Matematika. Berdasarkan hasil wawancara di SD Negeri 1 Ganggeng terdapat beberapa permasalahan: Banyak siswa kelas I yang kurang dalam kemampuan keterampilan berhitung, kurangnya motivasi guru dalam mengajar menyebabkan tidak bersemangat, Guru belum menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan penerapan konsep jarimatika dalam meningkatkan keterampilan berhitung bilangan cacah dan hasil belajar siswa kelas 1 SDN 1 Ganggeng Tahun Ajaran 2021/2022. (2) Mengetahui peningkatan keterampilan berhitung siswa kelas I SDN 1 Ganggeng. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan pra siklus, siklus 1 dan siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 1 Ganggeng. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian pada tahap pra siklus nilai yang dicapai siswa belum mencapai KKM yaitu 65. Peningkatan keterampilan brhitung siswa memperoleh rata-rata persentase pada siklus I 60,00% kategori cukup terampil dengan persentase hasil belajar 62,86% kategori kurang. Keterampilan berhitung siswa pada siklus II yang diperoleh meningkat menjadi 85,36% kategori sangat terampil dengan hasil belajar siswa 75,72% kategori baik dan sudah mencapai KKM. Berdasarkan hal tersebut dengan metode jarimatika, peneliti dapat meningkatkan keterampilan berhitung siswa.Downloads
Published
2022-11-03
How to Cite
Robainah, . R., Ratnaningsih, A. ., & Pangestika, R. R. . (2022). Peningkatan Keterampilan Berhitung Bilangan Cacah Melalui Metode Jarimatika Pada Tema 7 Siswa Kelas I SDN 1 Ganggeng Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 668–675. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8232
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Robainah, Arum Ratnaningsih, Rintis Rizkia Pangestika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).