Peningkatan Keterampilan Berhitung Bilangan Cacah Melalui Metode Jarimatika Pada Tema 7 Siswa Kelas I SDN 1 Ganggeng Tahun Ajaran 2021/2022

Authors

  • Robainah Robainah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Arum Ratnaningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Rintis Rizkia Pangestika Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8232

Abstract

Berhitung merupakan pembelajaran dasar yang wajib dimiliki siswa sebagai bekal dalam mempelajari Matematika. Berdasarkan hasil wawancara di SD Negeri 1 Ganggeng terdapat beberapa permasalahan: Banyak siswa kelas I yang kurang dalam kemampuan keterampilan berhitung, kurangnya motivasi guru dalam mengajar menyebabkan tidak bersemangat, Guru belum menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan penerapan konsep jarimatika dalam meningkatkan keterampilan berhitung bilangan cacah  dan hasil belajar siswa kelas 1 SDN 1 Ganggeng Tahun Ajaran 2021/2022. (2) Mengetahui peningkatan keterampilan berhitung siswa kelas I SDN 1 Ganggeng. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan pra siklus, siklus 1 dan siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 1 Ganggeng. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian pada tahap pra siklus nilai yang dicapai siswa belum mencapai KKM yaitu 65. Peningkatan keterampilan brhitung siswa memperoleh rata-rata persentase pada siklus I 60,00% kategori cukup terampil dengan persentase hasil belajar 62,86% kategori kurang. Keterampilan berhitung siswa pada siklus II yang diperoleh meningkat menjadi 85,36% kategori sangat terampil dengan hasil belajar siswa 75,72% kategori baik dan sudah mencapai KKM. Berdasarkan hal tersebut dengan metode jarimatika, peneliti dapat meningkatkan keterampilan berhitung siswa.

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Robainah, . R., Ratnaningsih, A. ., & Pangestika, R. R. . (2022). Peningkatan Keterampilan Berhitung Bilangan Cacah Melalui Metode Jarimatika Pada Tema 7 Siswa Kelas I SDN 1 Ganggeng Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 668–675. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8232