Pengembangan Modul Matematika Berbasis RME Terintegrasi Nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Bangun Datar Untuk Kelas IV SD Negeri Kepatihan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7618Abstract
Siswa SD Negeri Kepatihan khusunya kelas IV masih mengalami beberapa permasalahan dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul matematika sebagai bahan ajar yang layak dan sesuai kebutuhan peserta didik pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV SD Negeri Kepatihan. Desain penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari define, design, development, dissemination yang adaptasi dari Thiagrajan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Kepatihan yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Modul Matematika berbasis berbasis Realistic Mathematic Education terintegrasi nilai pendidikan karakter kelas IV SD Negeri Kepatihan dinyatakan layak apabila produk mencapai kriteria kelayakan sebuah produk. Kelayakan modul Matematika dapat dilihat dari dua aspek diantaranya aspek kevalidan dan aspek kepraktisan. Berdasarkan hasil penelitian modul Matematika berbasis berbasis Realistic Mathematic Education terintegrasi nilai pendidikan karakter kelas IV SD Negeri Kepatihan mendapatkan kriteria valid sebuah produk dengan nilai rata-rata 3,37 yang dilihat dari aspek media dan materi. Sedangkan berdasarkan respon peserta didik, modul Matematika mendapatkan nilai rata-rata 3,6 dengan kriteria sangat praktis.Downloads
Published
2022-10-17
How to Cite
Rahayuningtyas, L. W. ., Khaq, M. ., & Ratnaningsih, A. . (2022). Pengembangan Modul Matematika Berbasis RME Terintegrasi Nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Bangun Datar Untuk Kelas IV SD Negeri Kepatihan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5876–5883. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7618
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lita Widianti Rahayuningtyas, Muflikhul Khaq, Arum Ratnaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).