Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Karangan Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas III SD Negeri 13/I Muara Bulian

Authors

  • Ernawati Ernawati SD 13/I Muara bulian

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7101

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui seberapa besar dampak peningkatan minat siswa terhadap penggunaan media gambar yang diinterprestasikan menjadi sebuah karangan Meningkatkan kemampuan minat siswa dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu : aktivitas siswa, aktivitas guru dan efektivitas proses pembelajaran, dan nilai hasil prestasi siswa. Teknik yang digunakan adalah dengan pendekatan penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan data observasi, dan tes hasil belajar siswa. Perolehan data baik aktivitas siswa maupun nilai hasil belajar sisiwa pada siklus I dan II dalam penelitian tindakan kelas dapat ditafsirkan sebagai berikut ; (1) Minat dan kemampuan siswa terhadap pembelajaran menulis karangan sangat baik. (2) Media Gambar sangat membantu siswa dalam meningkatkan imajinasi sehingga mampu membuat kalimat sederhana yang menjadi kerangka karangan dan kemudian dikembangkan lagi. (3) Siswa mampu menginterprestasikan kalimat sederhana dengan cara mengkaitkan gambar seri yang diamatinya. (4) Siswa mampu mengkomunikasikan tulisannya berdasarkan hasil pengamatan kepada temannya maupun kepada guru. (5) Proses pembelajaran lebih variatif sehingga anak menjadi kreatif, aktif dan menyenangkan. (6) Pembelajaran lebih efektif, karena terfokus pada media gambar. (7) Pembelajaran akan kondusif, karena perhatian siswa tertuju pada media gambar yang telah disediakan. (8) Guru mudah untuk mengevaluasi hasil kegiatan anak terutama pada aspek minat dan kemampuan siswa. (9) Dapat dijadikan tolak ukur pada pembelajaran berikutnya.

Downloads

Published

2022-09-28

How to Cite

Ernawati, E. (2022). Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Karangan Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas III SD Negeri 13/I Muara Bulian. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3241–3248. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7101