Perbandingan Retensi Siswa SD Kelas V Pada Pembelajaran Tematik Antara Model Konvensional dan Webbed Model di SD IT Cendekia Pematang Siantar Tahun 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7547Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya perbandingan retensi peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran webbed model dengan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran Tematik kelas V. Subjek dalam penelitian ini yaitu SD IT Cendekia Pematang Siantar. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain two group pretest-pottest design. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kognitif hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran webbed model dan model pembelajaran konvensional dapat meningkatkan retensi peserta didik dengan persentasi retensi kelas V A sebesar 71,2% dan pada kelas V B sebesar 70,7 % dengan kategori baik. Dan kedua pembelajaran tidak berbeda secara signifikan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 9,898 > 2,060 pada model pembelajaran webbeb model dan terdapat nilai signifikan dengan t hitung > t tabel yaitu 7,021 > 2,064 pada model konvensional.Downloads
Published
2022-10-14
How to Cite
Saragih, R. ., Hanifah, . N. ., Tambunan, J. O. ., & Sihombing, C. . (2022). Perbandingan Retensi Siswa SD Kelas V Pada Pembelajaran Tematik Antara Model Konvensional dan Webbed Model di SD IT Cendekia Pematang Siantar Tahun 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5553–5559. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7547
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rajainal Saragih, Novita Hanifah, Jubelando O. Tambunan, Chintani Sihombing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).