Perbandingan Retensi Siswa SD Kelas V Pada Pembelajaran Tematik Antara Model Konvensional dan Webbed Model di SD IT Cendekia Pematang Siantar Tahun 2022/2023

Authors

  • Rajainal Saragih Universitas Efarina
  • Novita Hanifah Universitas Efarina
  • Jubelando O. Tambunan Universitas Efarina
  • Chintani Sihombing Universitas Efarina

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7547

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya perbandingan retensi peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran webbed model dengan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran Tematik kelas V. Subjek dalam penelitian ini yaitu SD IT Cendekia Pematang Siantar. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain two group pretest-pottest design. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kognitif hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran webbed model dan model pembelajaran konvensional dapat meningkatkan retensi peserta didik dengan persentasi retensi kelas V A sebesar 71,2% dan pada kelas V B sebesar 70,7 % dengan kategori baik. Dan kedua pembelajaran tidak berbeda secara signifikan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 9,898 > 2,060 pada model pembelajaran webbeb model dan terdapat nilai signifikan dengan t hitung > t tabel yaitu 7,021 > 2,064 pada model konvensional.

Downloads

Published

2022-10-14

How to Cite

Saragih, R. ., Hanifah, . N. ., Tambunan, J. O. ., & Sihombing, C. . (2022). Perbandingan Retensi Siswa SD Kelas V Pada Pembelajaran Tematik Antara Model Konvensional dan Webbed Model di SD IT Cendekia Pematang Siantar Tahun 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5553–5559. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7547