Implementasi Microsoft Office 356 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Rajainal Saragih Universitas Efarina

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.7378

Abstract

Penelitian ini bersifat kuasi eksperimen. Tujuan kuasi eksperimen adalah untuk mengetahui akibat dari sesuatu yang dikenakan pada subjek yaitu siswa. Pengaruh yang dimaksudkan adalah hasil belajar siswa dengan model pembelajaran yang telah ditentukan dapat dilihat dari hasil jawaban siswa pada tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data pretes dan postes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dilakukan dengan menggunakan uji Lilifors diperoleh Lhitung < Ltabel sehingga disimpulkan bahwa data pretes dan data postes dari kedua kelas berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas data dilakukan dengan uji kesamaan varians atau uji F. Hasil uji homogenitas data pretes dan postes yang diperoleh menunjukkan Fhitung< Ftabel yang berarti bahwa sampel yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan homogen atau dapat mewakili seluruh populasi yang ada. Berdasakan Uji t satu pihak diperoleh nilai postes thitung > ttabel  yaitu 3,16 > 2,002 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik dari hasil belajar kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa akibat pengaruh penggunaan Microsoft Office 365 pada pembelajaran matematika.

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

Saragih , R. . (2020). Implementasi Microsoft Office 356 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 232–237. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.7378

Issue

Section

Articles