Peran Orang Tua dan Guru Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN 091351 Pematang Purba

Authors

  • Chintani Sihombing Universitas Efarina

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11451

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran-peran yang dilakukan orang tua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif lapangan, yang mengambil lokasi di SDN 091351 Pematang Purba. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian melalaui wawancara,  dan dokumentasi bahwa peran yang dilakukan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak yaitu orang tua sebagai fasilitator, orang tua sebagai motivator, orang tua sebagai pembimbing. Adapun upaya yang dilakukan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak  yaitu dengan memberikan hadiah, memberikan pujian, dan memberikan hukuman. Berdasarkan hasil penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ditunjukan dengan adanya peran guru sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediataor dan fasilitator, evaluator dan motivator. Adapun upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah menciptakan suasana belajar yang kondusif, menciptakan metode pembelajaran yang bervariatif, memberikan penghargaan dan menciptakan aktivitas yang melibatkan siswa.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Sihombing, C. . (2023). Peran Orang Tua dan Guru Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN 091351 Pematang Purba. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2962–2966. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11451