Peran Orang Tua dan Guru Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN 091351 Pematang Purba
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11451Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran-peran yang dilakukan orang tua dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif lapangan, yang mengambil lokasi di SDN 091351 Pematang Purba. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian melalaui wawancara, dan dokumentasi bahwa peran yang dilakukan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak yaitu orang tua sebagai fasilitator, orang tua sebagai motivator, orang tua sebagai pembimbing. Adapun upaya yang dilakukan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak yaitu dengan memberikan hadiah, memberikan pujian, dan memberikan hukuman. Berdasarkan hasil penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ditunjukan dengan adanya peran guru sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediataor dan fasilitator, evaluator dan motivator. Adapun upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah menciptakan suasana belajar yang kondusif, menciptakan metode pembelajaran yang bervariatif, memberikan penghargaan dan menciptakan aktivitas yang melibatkan siswa.Downloads
Published
2023-01-13
How to Cite
Sihombing, C. . (2023). Peran Orang Tua dan Guru Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN 091351 Pematang Purba. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2962–2966. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11451
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Chintani Sihombing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).