Penciptaan Lagu Anak Sebagai Pendidikan Karakter melalui Seni Pada Mahasiswa PGSD Universitas Efarina Pematangsiantar

Authors

  • Jubelando O. Tambunan Universitas Efarina
  • Tiara Intan Cahyaningtyas Universitas PGRI Madiun
  • MS Viktor Purhanudin UIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6391

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter yang diajarkan melalui seni dengan menciptakan lagu anak oleh mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Efarina. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian studi literatur. Studi literatur bisa didapat dari berbagai sumber baik jurnal, buku, dokumentasi, internet.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dalam setiap lirik lagu yang diciptakan oleh mahasiswa selalu mengajarkan tentang pendidikan karakter. Lagu yang diciptakan oleh mahasiswa PGSD menjadi salah satu metode mengajar yang diterapkan dalam proses pembelajaran dengan menekankan peningkatan karakter pada peserta didik. Pendidikan karakter yang dominan diajarkan dalam lagu yang diciptakan adalah semangat, saling menghormati, menghargai sesama, jujur, cinta tanah air, hidup sehat, bertanggungjawab, disiplin dan bekerja keras. Pendidikan karakter melalui seni diharapkan mampu mengajak peserta didik untuk memiliki karakter yang baik. Lagu-lagu yang diciptakan oleh mahasiswa dapat menstimulus karakter yang baik ke peserta didik yang akan mereka ajar.

Downloads

Published

2022-08-28

How to Cite

Tambunan, J. O., Cahyaningtyas, T. I. ., & Purhanudin, M. V. (2022). Penciptaan Lagu Anak Sebagai Pendidikan Karakter melalui Seni Pada Mahasiswa PGSD Universitas Efarina Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5744–5749. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6391