Analisis Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 2 Tahun 11 Bulan dengan Perhitungan MLU Menggunakan Teori Brown
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7526Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi untuk menganalisis pemerolehan bahasa anak dengan perhitungan MLU menggunakan teori Brown anak usia 2 tahun 11 bulan. Subjek yang diteliti adalah anak umur 2 tahun 11 bulan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik libat cakap dan teknik rekam semua ujuaran yang dituturkan anak. Hasil penelitian bahwa pada usia 2 tahun 11 bulan ini tampaknya ada huruf konsonan yang dikuasi dan ada juga huruf konsosan yang belum dikuasai. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa fonologi anak usia 2 tahun 11 bulan yaitu faktor alat ucapnya dan faktor lingkungan atau keluarganya Tidak dibiasakannya anak dalam melafalkan ujarannya dan orang tua mengikuti melafalkan huruf vokal/ konsonan yang salah ketika berbicara dengan anak.Downloads
Published
2022-10-14
How to Cite
Karlinah, K., & Setiawan, H. . (2022). Analisis Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 2 Tahun 11 Bulan dengan Perhitungan MLU Menggunakan Teori Brown. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5421–5427. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7526
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Karlinah, Hendra Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).