Pembingkaian Berita Bom Bunuh Diri Pada Media Online CNN Indonesia Dan Kompas Tv (Zhongdang Pan Dan Gerald M. Kosicki)

Authors

  • Rina Amelia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hendra Setiawan Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12589

Abstract

Seluruh belahan dunia mengecam terorisme sebagai bentuk kekerasan. Beberapa hari sebelumnya terjadi lagi aksi serangan bom bunuh diri, tepatnya ledakan bom yang terjadi pada pagi hari tanggal 7 Desember 2022 di Polres Karang Anyar Bandung. Aksi bom bunuh diri  di Polres Karang Anyar Bandung ini banyak menimbulkan pemberitaan. Melihat kondisi tersebut, media harus memberikan informasi terkini kepada publik, termasuk melalui media online. Media online merupakan salah satu dampak positif yang ditimbulkan oleh perkembangan media setelah adanya internet. Salah satu keuntungan dari media online adalah tidak butuh waktu lama untuk menyebarkan berita. Berita kini dapat disebarluaskan dengan cepat dan mudah dalam hitungan detik, bahkan untuk mendapatkannya pun tidak lagi membutuhkan biaya. Penelitian ini melihat bagaimana media nasional CNN Indonesia dan Kompas TV membingkai liputan mereka tentang bom bunuh diri di Polres Karang Anyar Bandung pada 7 Desember 2022. Metode analisis framing Zhongdang Pan dan Kosicki digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CNN Indonesia membangun bingkai beritanya cenderung fokus pada peristiwa yang terjadi. Sebaliknya, Kompas TV membingkai beritanya dengan lebih mengedepankan sisi human interest kepolisian dengan menunjukkan bagaimana Kompas Tv menciptakan citra positif dalam penanganan kasus bom bunuh diri yang terjadi di Polsek Astana Anyar Bandung.

Downloads

Published

2023-03-04

How to Cite

Amelia, R., & Setiawan, H. (2023). Pembingkaian Berita Bom Bunuh Diri Pada Media Online CNN Indonesia Dan Kompas Tv (Zhongdang Pan Dan Gerald M. Kosicki). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 117–124. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12589

Most read articles by the same author(s)