Analisis Pemerolehan Bahasa Dengan Perhitungan Mlu Berdasarkan Aspek Sintaksis Pada Anak Usia 46 Bulan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6909Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemerolehan bahasa dengan menghitung MLU dan mengkaji aspek sintaksis yang dikemukakan oleh Brown pada anak usia 3 tahun 10 bulan atau 46 bulan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data untuk penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik simak libat cakap, teknik rekam dan teknik catat. Langkah-langkah analisis data yaitu transkripsi data, pemilihan data, klasifikasi data, dan analisis data. Peneliti melihat aspek sintaksis dan mengambil data penelitian dari anak usia 3 tahun 10 bulan. Subyek penelitian berada pada tingkat IX yaitu usia 46 bulan dengan nilai rerata 3,5-3,45. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendapat Brown tentang tahapan-tahapan tersebut adalah benar. Data tuturan menunjukkan bahwa pola kalimat yang dihasilkan anak sudah cukup teratur dan dapat mengatur fungsi bahasa dengan jelas.Downloads
Published
2022-09-18
How to Cite
Salsabila, L. H. ., & Setiawan, H. . (2022). Analisis Pemerolehan Bahasa Dengan Perhitungan Mlu Berdasarkan Aspek Sintaksis Pada Anak Usia 46 Bulan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2060–2067. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6909
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lu’lu Hersya Salsabila, Hendra Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).