Implementasi Template Dan Contoh Makalah: Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Mahasiswa

Authors

  • Muhammad Syazali Universitas Mataram
  • Umar Umar Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7523

Abstract

Perbaikan kualitas pembelajaran yang bersifat berkelanjutan merupakan kunci dalam membekali mahasiswa dari kompetensi yang mereka butuhkan. Salah satu kompetensi yang dibutuhkan adalah keterampilan menulis. Penggunaan template makalah telah terbukti dapat membantu mengembangkan keterampilan menulis mahasiswa. Walaupun demikian, secara rata-rata belum mencapai kategori sangat baik. Pada penelitian ini, kami megimplementasikan dua fasilitas pembelajaran sekaligus yaitu template dan contoh makalah. tujuannya adalah menganalisis keterampilan menulis mahasiswa melalui implementasi kedua fasilitas tersebut. Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa PGSD yang memprogramkan mata kuliah Statistika Pendidikan. Sampel terdiri atas 36 mahasiswa yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, di mana makalah yang telah ditulis oleh tiap mahasiswa menjadi instrumennya. Kualitas makalah yang menjadi ukuran dari keterampilan menulis mahasiswa di ukur berdasarkan 21 indikator dari 3 aspek yaitu: (1) bagian awal, (2) bagian inti dan (3) bagian akhir makalah. Data berupa skor yang diperoleh dari tiap indikator kemudian dikonversi menjadi nilai dengan rentang 0 – 100. Untuk mendapatkan keterampilan menulis secara klasikal, nilai makalah dari masing-masing mahasiswa dianalisis secara deskriptif. Statistik deskriptif yang digunakan adalah rata-rata. Adapun untuk mendapatkan gambaran terkait sebarannya, kami melakukan analisis proporsional. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, kami menemukan bahwa rata-rata keterampilan menulis mahasiswa berada pada nilai 78.34 (B+). Sebanyak 52.78% mahasiswa sudah mencapai nilai dengan rentang 81.57 – 93 (A). Sisanya adalah 30.56% mendapat nilai B+, 8.33% mendapat nilai B, 5.56% mendapat nilai C+ dan hanya 2.78% yang mendapatkan nilai E. Dari temuan ini dapat disimpulkan bahwa implementasi dari template dan contoh makalah efektif dalam mengembangkan keterampilan menulis mahasiswa.

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Syazali, M., & Umar, U. (2022). Implementasi Template Dan Contoh Makalah: Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6039–6045. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7523