Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Sebagai Upaya Untuk Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI Pasca Sistem Belajar Daring Di SMAN 6 Kota Bengkulu

Authors

  • Suci Jayanti suci
  • Isman Fauzi UINFAS Bengkulu
  • Alfauzan Amin UINFAS Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7190

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group investigation dalam pembelajaran PAI sebagai upaya untuk menumbuhkan keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI pasca sistem belajar daring sejak tahun ajaran 2020/2021 sampai dengan tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang dilakukan yakni penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA A SMAN 6 Kota Bengkulu yang terdiri dari 35 siswa/siswi. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, dianalisis dengan reduksi data. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada pembelajaran PAI dapat menumbuhkan keaktifan belajar siswa kelas XI MIPA A SMA Negeri 6 Kota Bengkulu pasca sistem belajar daring. Hal ini dapat dibuktikan meningkatnya keaktifan siswa mulai dari prasiklus dengan data 2,08 dengan kategori kurang aktif, siklus pertama 2,58 mengalami peningkatan dari sebelumnya walaupun dengan kategori yang sama, dan siklus kedua 3,81 dengan kategori cukup aktif mendekati aktif.

Downloads

Published

2022-10-02

How to Cite

Jayanti, S., Fauzi, . I. ., & Amin, A. . (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Sebagai Upaya Untuk Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI Pasca Sistem Belajar Daring Di SMAN 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3895–3906. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7190

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2