Manajemen Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Menciptakan Siswa Aktif Di SDN 38 Kota Bengkulu

Authors

  • Alfauzan Amin Universitas Islam Negri Fatmawati Soekarno (UINFAS) Bengkulu
  • Erwin Subly Fadilah Universitas Islam Negri Fatmawati Soekarno (UINFAS) Bengkulu
  • Gusti Rantio Universitas Islam Negri Fatmawati Soekarno (UINFAS) Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6921

Abstract

Permasalahan yang di angkat dalam penelitian ini adalah Manajemen Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Upaya menciptakan siswa Aktif di SDN 38 Kota Bengkulu dengan tujuan yang akan di capai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pelaksanaan pembelajaran Guru PAI dalam menciptakan siswa aktif di SDN 38. Kota Bengkulu dan kendala yang di hadapi guru pai dalam upaya menciptakan siswa aktif. Penelitian dilatar belakangi oleh realitas aktivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas hanya terjadwal dengan tiga jam mata pelajaran setiap mimggunya pada sekolah umum SDN  38  Kota  Bengkulu,  Mengingat  waktu  yang  sangat  minim  dan  komponen  materi pelajaran Pendidikan Agama Islam yang bermacam-macam  tujuan dan fungsinya,maka guru membuat perancanaan pembelajaran dengan matang agar proses pembelajaran berlangsung secara  efektif  dan  menyenangkan.Namun  dalam  proses  belajar mengajar  dikelas  sering ditemui sikap atau tingkah laku siswa yang dapat mengganggu selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab bagaimana menejemen pembelajaran Guru Pendidikan Agama  Islam sebagai upaya menciptakan siswa aktif di SDN 38 Kota Bengkulu.Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui proses menejemen pembelajaran guru pendidikan agama islam sebagai upaya menciptakan siswa aktif di SDN 38 Kota Bengkulu. Dengan hasil penelitian , Masalah-masalah yang terjadi di dalam menejemen kelas yang dihadapi oleh guru PAI dalam mengelolaan kelas adalah seran dan prasarana yang kurang memadai, siswa yang sulit diatur dan juga siswa yang tidak disiplin. Berdasarkan data yang yang terkumpul dan analisis yang penulis lakukan secara cermat, makadapat diambil kesimpulan bahwa, Menejemen kelas pada pembelajaran PAI di SDN 38 Kota Bengkulu sudah berjalan baik meskipun masi banyak kendalah yang dihadapi oleh guru. Hal ini peneliti bisa simpulkan melalui data-data yang peneliti dapatkan melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi dimana dalam pelaksaan menejemen kelas pada pelajaran PAI di SD N 38 Kota Bengkulu. Sudah berupayah sebaik mungkin melaksanakan menejemen kelas.

Downloads

Published

2022-09-19

How to Cite

Amin, A. ., Fadilah, . E. S., & Rantio, G. . (2022). Manajemen Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Menciptakan Siswa Aktif Di SDN 38 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2125–2131. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6921

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2