Pembinaan Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Melaksanakan Tugas Sekolah

Authors

  • Lusia Sumenda Universitas Negeri Manado
  • Henny Nikolin Tambingon Universitas Negeri Manado
  • Joulanda A. M. Rawis Universitas Negeri Manado
  • Meisie Lenny Mangantes Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6890

Abstract

Kepala sekolah merupakan salah satu unsur fundamental bagi kemajuan sekolah. Arah dan kebijakan sekolah ada di pundaknya. apa yang akan terjadi seiring berjalannya waktu, tugas dan tanggung jawab kepala sekolah menjadi semakin sulit. Kepala Sekolah memiliki tanggung jawab mendasar terkait dengan realisasi visi sekolah yang memenuhi standar mutu sekolah dan memenuhi perannya. Upaya penyiapan dan pembinaan kepala sekolah telah dilakukan dengan berbagai cara, namun seringkali belum berhasil sesuai harapan. Pada beberapa kasus penyiapan kepala sekolah yang dilakukan dengan baik, namun ketika penempatan hanya mendasarkan pada hasil tes. Pemenuhan kualitas kepala sekolah melalui pembinaan dapat dioptimalkan melalui analisis kebutuhan pembinaan yang merupakan perpaduan top down dan bottom up. Selanjutnya bahwa pembinaan guru sangatlah penting karena untuk meningkatkan kinerja guru dalam proses belajar mengajar menjadi salah satu faktor terpenting dalam menciptakan proses pendidikan yang efektif, khususnya dalam mengembangkan kedisiplinan dan kualitas hasil belajar siswa. Upaya peningkatan profesionalisme guru hendaknya memperhatikan peningkatan mutu pendidikan, mutu guru, dan cara guru mengajar, yang merupakan faktor penting dalam menjelaskan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2022-09-18

How to Cite

Sumenda, . . L., Tambingon, H. N. ., Rawis, J. A. M. ., & Mangantes, M. L. . (2022). Pembinaan Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Melaksanakan Tugas Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1941–1951. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6890

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>