Supervisi dan Evaluasi Pendidikan Dalam Perspektif Guru Penggerak

Authors

  • Preisdy Vanthra Clara Mangolo Universitas Negeri Manado
  • Henny Nikolin Tambingon Universitas Negeri Manado
  • Joulanda A. M. Rawis Universitas Negeri Manado
  • Meisie Lenny Mangantes Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7228

Abstract

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan kebijakan kurikulum Merdeka Belajar yang diikuti dengan peluncuran Program Guru Penggerak. Tujuan dari program ini adalah untuk mengembangkan pemimpin pembelajaran yang berpusat pada siswa. Guru penggerak tidak diragukan lagi lebih berpengetahuan daripada guru umum. Guru penggerak harus menjadi katalisator perubahan pendidikan di daerah. Ini adalah ide bagus untuk calon guru. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan program ini, salah satunya adalah guru. Metode penelitian ini adalah studi pustaka, dan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian sastra berkaitan dengan teori, wawasan, dan artikel penelitian lainnya yang berasal dari bahan referensi dan digunakan sebagai landasan untuk pekerjaan penelitian. Berikut kesimpulan yang dapat diambil dari pembahasan dalam artikel ini: 1) Pengawasan dari kepala sekolah sangat penting untuk meningkatkan kinerja guru penggerak dalam kebebasan belajar; 2) Pelaksanaan supervisi pendidikan berimplikasi pada peningkatan kinerja guru penggerak; dan 3) Pelaksanaan evaluasi pendidikan sangat penting untuk meningkatkan keberhasilan guru penggerak. 4) Pelaksanaan evaluasi pendidikan berimplikasi pada tercapainya tujuan guru penggerak dalam kebebasan belajar.

Downloads

Published

2022-10-02

How to Cite

Clara Mangolo, . P. V., Tambingon, H. N., Rawis, J. A. M. ., & Mangantes, M. L. . (2022). Supervisi dan Evaluasi Pendidikan Dalam Perspektif Guru Penggerak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3915–3928. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7228

Most read articles by the same author(s)