Evaluasi Pelaksanaan Ujian Osce Mahasiswa Pendidikan Profesi Ners

Authors

  • Selvie Serly Rumagit UNIMA, Universitas Sari Putra Indonesia Tomohon
  • Henny Nikolin Tambingon UNIMA
  • Viktory Nicodemus Joufree Rotty UNIMA
  • Jolie Ponamon Universitas Sari Putra Indonesia Tomohon

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7333

Abstract

Ujian OSCE adalah mengukur kemampuan lulusan dengan menggunakan salah satu metode yang pengujiannya dilakukan secara komprehensif sehingga lulusan yang di hasilkan kompeten. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan ujian OSCE, faktor faktor yang mempengaruhi pelaksanaan ujian, dan bagaimana evaluasi hasil pelaksanaan ujian OSCE di Program Studi Pendidikan Profesi Ners di Fakultas Keperawatan UNSRIT. Desain penelitian Kualitatif dengan metode studi kasus, sampel dengan menggunakan Pusposive sampling terdiri dari 6 informan, laksanakan pada bulan September tahun 2022 di Universitas Sari Putra Indonesia Tomohon.  Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri dengan pengambilan data primer yaitu wawancara dan observasi, keabsahan data ditetapkan dengan teknik pemeriksaan yaitu teknik triangulasi. Hasil penelitian di temukan mekanisme pelaksanaan ujian OSCE sudah dilaksanakan dengan menyediakan fasilitas penunjang seperti ruangan dengan 9 station, dosen penguji, klien standar, peralatan penunjang dan petugas yang membantu pelaksanaan ujian. Faktor yang mempengaruhi yaitu kualitas soal, dosen penguji yang memenuhi syarat dan kesiapan mahasiswa dalam mengikuti ujian OSCE serta evaluasi hasil pelaksanaan ujian sebagian besar mahasiswa telah lulus tanpa remedial.               

Downloads

Published

2022-10-07

How to Cite

Rumagit, . S. S. ., Tambingon, H. N. ., Joufree Rotty, V. N. ., & Ponamon, J. . (2022). Evaluasi Pelaksanaan Ujian Osce Mahasiswa Pendidikan Profesi Ners. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4416–4422. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7333

Most read articles by the same author(s)