The Application of Index Card Matching Method in Improving Students’ Listening Ability at First Grade of SMPN 1 Labuhan Deli

Authors

  • Sarah Gresia Br Siburian Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Marcella Marcella Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Dumaris E. Silalahi Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Carolina Pakpahan Universitas HKBP Nommensen, Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6879

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode index card matching dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas I SMPN 1 Labuhan Deli. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen. Populasinya adalah 275 siswa, namun peneliti akan memilih dua kelas sebagai sampel. Kelas VII-1 yang memiliki 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-9 yang memiliki 29 siswa sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dari tes mendengarkan siswa dengan memberikan jawaban pertanyaan yang terdiri dari 7 item untuk kedua kelas (kelas eksperimen dan kontrol). Tes dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis, yaitu pre-test dan post-test. Hasilnya, hipotesis H_a diterima karena diketahui bahwa t_terlihat lebih besar dari t_tabel, yaitu (8,02 > 4,23; df = 26) pada kelas eksperimen dan (8,02 > 4,21; df = 27) pada kelas kontrol dan dengan taraf signifikansi = 0,05. Artinya penerapan metode pencocokan kartu indeks; digital storytelling berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa.

Downloads

Published

2022-09-17

How to Cite

Siburian, . . S. G. B. ., Marcella, M., Silalahi, D. E. ., & Pakpahan, C. . (2022). The Application of Index Card Matching Method in Improving Students’ Listening Ability at First Grade of SMPN 1 Labuhan Deli. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1897–1904. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6879