The Influence Of Students Writing Ability By Using Muddiest Point Technique In Recount Text At 11 Grade Of SMA Negeri 1 Girsang Sipanganbolon

Authors

  • Karolina Sinulingga Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Yessy Octavianna Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Carolina Pakpahan Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14285

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh kemampuan menulis siswa dengan menggunakan teknik muddiest point dalam teks recount di kelas XI SMA Negeri 1 Girsang Sipanganbolon. Desain penelitian ini adalah pre-experimental. Kelas XI SMAN 1 Girsang Sipanganbolon dipilih sebagai sampel penelitian ini dengan jumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian one group pretest-posttest design yaitu kegiatan penelitian yang memberikan pretest sebelum diberikan perlakuan, setelah diberikan perlakuan kemudian diberikan postest. Tes ini dibuktikan dalam bentuk tes tertulis. Data pada tes dihitung dengan menggunakan rumus t-test. Hasilnya menunjukkan bahwa skor post-test lebih tinggi dari pre-test. Temuan menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis siswa setelah perlakuan. Terjadi peningkatan nilai jumlah siswa. Nilai rata-rata pre-test adalah 62,47 dan nilai rata-rata post-test adalah 69,4. Analisis data menunjukkan bahwa t-test adalah 5,5 dan t-tabel adalah 1,696. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa t-test lebih tinggi dari t-tabel 5,5>1,696, maka data menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.

Author Biography

Yessy Octavianna, Universitas HKBP Nommensen Medan

   

Downloads

Published

2023-04-22

How to Cite

Sinulingga, K. ., Octavianna, Y. ., & Pakpahan, C. . (2023). The Influence Of Students Writing Ability By Using Muddiest Point Technique In Recount Text At 11 Grade Of SMA Negeri 1 Girsang Sipanganbolon. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5021–5025. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14285

Most read articles by the same author(s)