The Effect of Realia as Teaching Media in Students’ Writing of Descriptive Text at Eight Grade in SMP N 6 Pangaribuan

Authors

  • Helga Meyer Harianja English Department, Universitas HKBP Nommensen
  • Pirngadita Purba English Department, Universitas HKBP Nommensen
  • Agnes Laura purba English Department, Universitas HKBP Nommensen
  • Dumaris E. Silalahi English Department, Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7462

Abstract

Realia adalah benda nyata yang digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat dilihat, diraba, dilihat, dan diamati melalui panca indera. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran realia dalam menulis teks deskriptif siswa kelas VIII SMP N 6 Pangaribuan. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan penelitian kuantitatif eksperimental. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 6 Pangaribuan. Peneliti mengambil kelas 8-A sebagai kelompok eksperimen yang terdiri dari 20 siswa dan kelas 8-B yang terdiri dari 20 siswa. Populasi penelitian ini adalah 40 siswa, sampel dipilih secara acak. Instrumen penelitian dalam penelitian ini berupa tes menulis. Kemudian tes dibagi menjadi dua yaitu pre-test dan post-test. Nilai rata-rata pre-test di kelas eksperimen adalah 61,65 dan post-test adalah 74,6. Nilai rata-rata pre-test pada kelompok kontrol adalah 62,25 dan post-test adalah 66,25. Hal ini dilakukan agar kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Hasil bahwa t-hitung > t-tabel sebagai taraf signifikansi p = 0,05(10 > 2,024). Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan Realia sebagai media pembelajaran dalam menulis teks deskriptif siswa kelas VIII SMP N 6 Pangaribuan.

Downloads

Published

2020-10-12

How to Cite

Harianja, H. M. ., Purba, P. ., purba, A. L. ., & Silalahi, D. E. . (2020). The Effect of Realia as Teaching Media in Students’ Writing of Descriptive Text at Eight Grade in SMP N 6 Pangaribuan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5146–5157. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7462